19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Ketua Pansus RTRW DPRD Medan Setuju Revitalisasi Lapangan Merdeka dan Kesawan Lama

Medan, MISTAR.ID

Ketua Pansus RTRW DPRD Medan Dedy Aksyari mendukung rencana revitalisasi Lapangan Merdeka Medan oleh Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution.

“Kita sangat mendukung adanya rencana dalam penataan ruangan dan cagar budaya serta nilai sejarah,” tegas Ketua Pansus RTRW DPRD Medan Dedy Aksyari kepada wartawan, Senin (22/11/21).

Lebih lanjut, politisi Gerindra itu mengatakan, bahwa pada Perda yang lama, Lapangan Merdeka Ruang Terbuka Non Hijau. “Di mana sekarang ini, itu yang kita rubah menjadi Ruang Terbuka Hijau dan Cagar Budaya, di mana nanti itu masuk dalam salah satu pasal pada Ranperda RTRW,” sebutnya.

Baca Juga:Revitalisasi Lapangan Merdeka Bangkitkan Potensi Wisata di Kota Medan

Dedy mengatakan, pihaknya sangat setuju kalau Lapangan Merdeka menjadi kawasan RTH dan Cagar Budaya termasuk di kawasan Kesawan Lama. Nantinya setelah disyahkan, maka di sekitar kawasan Lapangan Merdeka tidak ada lagi bangunan yang didirikan. ”

Karena kita tahu, bahwa Lapangan Merdeka merupakan tempat bersejarah, di mana pada waktu itu mengabarkan bahwa Indonesia telah merdeka setelah di proklamasikan oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 2021,” tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menyebutkan, akan menjadikan lapangan bersejarah itu sebagai ruang terbuka hijau dan cagar budaya, tapi juga berharap dapat membangkitkan kesadaran akan sejarah dan budaya Kota Medan.

Baca Juga:Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan Dilakukan 2022 

Di samping itu, juga dalam revitalisasi yang dilakukan tersebut, Bobby Nasution minta disediakan ruang bagi pelestarian maupun pengembangan seni budaya yang ada di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini.

Meskipun nanti direvitalisasi, nilai budaya yang ada di Lapangan Merdeka ini tidak boleh hilang. “Artinya, nilai budaya Kota Medan nantinya tetap ada di dalamnya sehingga diharapkan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat akan sejarah dan budaya Kota Medan,” kata Bobby.(amsal/hm10)

Related Articles

Latest Articles