29.2 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Kementerian Agama Imbau Tidak Ada Takbir Keliling di Malam Idul Fitri

Medan, MISTAR.ID

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumut mengimbau agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling pada malam Idul Fitri. Ini mengingat situasi pandemi saat ini.

“Saya mengimbau kepada umat Islam di Sumut untuk tidak melakukan acara takbir keliling pada malam Idul Fitri hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Selain itu, itu juga sudah keputusan dari rapat Forkopimda dalam menyambut Idul Fitri 1442 Hijriah,” kata Kepala Kanwil Kemenag Sumut Drs H Syahrul Wirda MM menjawab wartawan di kantornya, Rabu (28/4/21).

Syahrul mengungkapkan selain melarang takbir keliling juga diimbau agar masyarakat tidak memainkan petasan dan kembang api, serta tidak mudik.

Baca Juga: Kakanwil Kemenag Sumut Salurkan Zakat Profesi ASN

Sedangkan untuk pelaksanaan salat Ied berjamaah, disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah. “Tentu kalau zona hijau tidak apa-apa. Kalau daerahnya zona merah jangan,” tegasnya.

Tidak lupa, Syahrul mengharapkan agar pengurus masjid tetap menegakkan protokol kesehatan untuk jamaah yang melaksanakan salat berjamaah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Rayakan Idul Fitri dengan kesederhanaan namun tidak mengurangi makna Idul Fitri dengan tetap menjalin silaturahmi .Jika tidak bisa bertatap muka, lakukan dengan alat komunikasi seperti telepon selular dan lainnya,” pungkasnya.(iskandar/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles