20.8 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Kadisdik Sumut: Trend Pendidikan Akan Terus Berpacu dengan Kemajuan Teknologi

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sumatera Utara, Abdul Haris Lubis mengatakan, trend pendidikan saat ini dan kedepannya akan terus berkejaran dengan kemajuan teknologi.

Hal itu disampaikan Abdul Haris di Festival Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sumut selaku UPT Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang digelar 3 hingga 5 Juli 2024.

“Ini tak bisa kita pungkiri. Teknologi komunikasi, teknologi transportasi, itu sangat jelas berkembang terus. Oleh karena itu jangan sampai sistem pembelajaran kita ya masih gitu-gitu terus. Ini yang paling penting,” katanya saat memberikan sambutan di Aula Sisingamangaraja XII BPMP Provsu, Rabu (3/7/24).

“Coba lihat bagaimana pembelajaran kita hari ini. Sistem pembelajaran kita hari ini, sepertinya, sepertinya ya, mudah-mudahan kita sepakat ini semua di sini, kok kayak masih tahun 80-an juga?” ungkapnya.

Baca juga: Disdik Sumut Bakal Panggil Guru SMAN 8 Medan Besok

Oleh karena itu, Abdul Haris mengatakan, pihaknya telah melakukan kolaborasi bahkan bekerjasama merekrut tim Google untuk transformasi digital, terutama sekolah.

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama mungkin kami akan menyiapkan beberapa sekolah untuk bisa mengikuti program dengan tim google. Di mana nantinya Google akan memberikan pendampingan kepada sekolah-sekolah khusus yang kita tunjuk. Sehingga nanti sekolah tersebut memang betul-betul telah bertransformasi digital,” sebutnya.

Menurutnya, hal itulah menjadi bukti bahwa sekolah tersebut juga ikut berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.

“Di Sumut menurut hemat saya belum ada. Tetapi di provinsi lain, satu dua itu sudah ada sekolah yang digitalnya sudah semakin artinya sekolah itu sudah bertransformasi digital.

Baca juga: Polemik di SMAN 8 Medan, Disdik Sumut akan Menghadap Inspektorat

Dengan teknologi, lanjut Abdul Haris, akses akan semakin luas dan terbuka menjadikan guru dan siswa lebih merdeka dan lebih leluasa untuk mencapai tujuan dan meningkatkan hasil belajarnya masing-masing.

Related Articles

Latest Articles