14.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Intensitas Hujan Tinggi, Ketua DPRD Sumut Minta Stakeholder Siaga

Medan, MISTAR.ID

Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, meminta semua stakeholder, termasuk Pemprov, Dishub, BPBD, dan Polda Sumut, untuk menjaga kewaspadaan dan kesiapsiagaan sembari terus aktif memantau arus mudik Natal dan Tahun Baru. Kewaspadaan itu penting mengingat tingginya intensitas hujan yang melanda sebagian kawasan Sumatera Utara.

“Jangan lupa selalu memantau dan siaga, terutama di jalur-jalur mudik yang rawan longsor dan banjir. Ini menjadi sangat penting mengingat situasi cuaca yang tidak menentu,” ujarnya pada Selasa (26/12/23)

Baskami juga menyoroti masalah kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di jalur-jalur utama, seperti Medan-Berastagi dan jalan lintas Sumatera. Dia menekankan agar kepadatan ini dapat segera terurai untuk mencegah penumpukan kendaraan yang dapat merugikan semua pihak.

Tidak hanya itu, Politisi PDI Perjuangan ini juga meminta para pemangku kepentingan untuk memastikan kelancaran jalur menuju destinasi wisata.

“Pada masa liburan, tempat-tempat wisata kita sering kali mengalami lonjakan pengunjung. Karena itu, kita harus memastikan segala sesuatunya terkendali dengan baik,” tuturnya.

Baskami mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati saat berkendara. “Kondisi hujan tinggi membuat jalanan licin dan pandangan terbatas. Keselamatan harus menjadi prioritas utama kita semua,” tambahnya.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, Baskami meminta seluruh pihak untuk memantau secara simultan daerah-daerah yang berpotensi mengalami bencana selama musim hujan. “Pendataan titik rawan banjir, longsor, pohon tumbang, dan kebakaran harus dilakukan secara proaktif untuk memastikan antisipasi yang tepat waktu,” pungkasnya. (Hutajulu/hym17)

Related Articles

Latest Articles