22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Harga Komoditas di Medan Stabil

Medan, MISTAR.ID

Memasuki pertengahan bulan Oktober, sejumlah harga-harga komoditas di Kota Medan terpantau stabil. Seperti harga komoditas pertanian, di antaranya cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, tomat dan lainnya.

Dikatakan salah seorang pedagang di Pusat Pasar Medan bernama Sadrak, untuk harga-harga komoditas tidak ada kenaikan dan masih bergerak stabil. Memang sebelumnya ada kenaikan lantaran kemarin karena cuaca yang hujan terus menerus.

“Hari ini harga cukup stabil. Cabai merah Rp30 ribu per kg, cabai hijau Rp24 ribu per kg, bawang merah asal Jawa Rp12 ribu per kg, bawang merah lokal Rp32 ribu per kg, bawang putih Rp20 ribu per kg. Kalau cabai rawit juga stabil hari ini Rp30 ribu per kg dan tomat Rp5 ribu per kg,” katanya pada Mistar, Selasa (18/10/22).

Baca Juga:Harga Cabai Merah Turun, Rp35.000 per Kg di Medan

Salah seorang warga Medan, Ruri menilai untuk harga saat ini memang masih sama seperti hari-hari sebelumnya. “Seperti tadi saya belanja. Untuk harga cabai merah masih normal Rp28 ribu per kg, cabai hijau tadi Rp20 ribu per kg, bawang putih Rp24 ribu per kg, tomat Rp8 ribu per kg, bawang merah Rp30 ribu per kg. Ayam pun tadi Rp24 ribu per kg. Mudah-mudahan harga ini bertahanlah,” harapnya yang rutin belanja ke Pasar Simpang Limun Medan.

Terpisah, harga rata-rata bahan pokok di Provinsi Sumut berdasarkan amatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut memang untuk pertengah bulan ini terpantau stabil. “Di awal pekan tepatnya di Senin (17/10/22) tercatat ada penurunan harga untuk cabai merah dan bawang merah dikarenakan banyak stok yang masuk dari daerah sentral lokal dan permintaan juga terpantau stabil,” jelas Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Provinsi Sumut, Barita Sihite.

Data dari Disperindag Sumut tercatat ada penurunan harga sekitar 9,4% untuk harga cabai merah, lalu tercatat terjadi penurunan untuk harga bawang merah hingga 2%.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles