27.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Gubernur Sumut Sampaikan ke Presiden, Pers Tertua di Indonesia dari Sumatera Utara

Deli Serdang, MISTAR.ID
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melaporkan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa pers yang tertua di Indonesia ini adalah berasal dari Sumut. Menurutnya hal tersebut diketahui karena berkah dari adanya acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumut.

“Kami laporkan Pak Presiden, kami juga baru tahu, bahwa pers yang tertua di Indonesia ini adalah berasal dari Sumatera Utara, ini berkahnya HPN, kalau tidak HPN, saya juga belum tahu Bapak Presiden,” ungkap Gubernur Edy Rahmayadi di hadapan Presiden RI Joko Widodo pada acara puncak HPN 2023 di Gedung Serbaguna, Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing Deli Serdang, Kamis (9/2/23).

Edy Rahmayadi juga mengucapkan selamat merayakan Hari Pers Nasional bagi para insan pers. Serta selamat datang di Provinsi Sumut, provinsi pelopor pers di Indonesia dalam upaya meraih kemerdekaan dari pendudukan kolonial melalui produk jurnalistik.

“Dan hari ini apabila semua insan pers berkumpul di sini, maka tugas kita saat ini adalah untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan,” sebut Edy Rahmayadi yang pada kesempatan tersebut menerima Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Edy pun menitipkan pesan ke semua insan pers yang hadir, untuk dapat menulis hal-hal yang positif tentang Sumut, apakah tentang kulinernya, budaya, pariwisata dan potensi-potensi ekonomi, yang akan memberikan citra bagi investor dan wisatawan, untuk datang ke Sumut.

Baca Juga:Puncak HPN 2023, Gubernur Edy Ajak Pers Ikut Berperan Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Sementara itu, Ketua PWI Atal S Depari memberikan apresiasi pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara khususnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas dukungannya pada HPN 2023.

“Syukur, Provinsi Sumut telah berkenan jadi tuan rumah. Pak gubernur support habis pelaksanaan HPN, memikirkan segala rupa persiapan HPN, sampai-sampai beliau (Edy) tidak nyenyak tidur. Beliau bertekad HPN Sumut harus sukses. Kami bangga dengan tekad beliau,” katanya.

Kata Atal, Sumut merupakan bagian penting menjadi sejarah pers Indonesia.

“Di Sumut lahir pelopor pers Indonesia, lahir media legendaris, lahir wartawan pejuang yang menghidupkan perjalanan pers Indonesia,” kata Atal.

Adapun puncak perayaan HPN 2023 dihadiri puluhan ribu orang. Sambutan meriah para hadirin diberikan saat Edy Rahmayadi dipanggil untuk menerima pena emas dari PWI. Pada kesempatan itu, Jokowi mengenakan pakaian kain tenun Melayu dari Kabupaten Batu Bara Sumut. Jokowi juga disambut dengan tarian Melayu.

Baca Juga:Perayaan HPN 2023 di Sumut, Presiden Jokowi: Buatlah Berita yang Bertanggungjawab

Jokowi juga diberikan kesempatan mengetikkan kata ‘HPN’ sebagai penanda puncak HPN 2023 pada sebuah mesin tik. Mesin tik tersebut pernah digunakan jurnalis Pewarta Deli, koran bersejarah Sumut di masa lalu.

Pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Atal S Depari, para duta besar negara sahabat, kepala daerah se-Indonesia, wartawan se-Indonesia, para pelajar, mahasiswa, serta para tamu dan undangan lainnya.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles