14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Gagal Mudik, 551 Kendaraan Diputar Balik

Medan, MISTAR.ID

Hari ketiga sejak dimulainya larangan mudik lebaran, kendaraan yang diputar balik akibat mencoba melintasi pos penyekatan semakin banyak. Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi menyebutkan, jumlah kendaraan yang diputar balik pada hari ketiga Operasi Ketupat Toba 2021 yang dimulai sejak tanggal 6 Mei 2021, sebanyak 551 unit.

“Di hari ketiga pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021, ada 551 kendaraan yang kami putar balik. Terlihat terjadi peningkatan volume kendaraan dibanding hari pertama dan kedua yang mencoba melewati pos penyekatan,” ucap Hadi, Minggu (9/5/21).

551 kendaraan yang diputar balik tersebut terdiri dari 143 unit sepedamotor dan 408 unit kendaraan yakni mobil penumpang 281 unit, bus 20 unit, mobil barang 92 unit dan kendaraan khusus 15 unit. “Masih mobil yang banyak melintas,” ujarnya.

Baca Juga:Hari Ketiga Larangan Mudik di Batu Bara, Seratusan Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Hadi mengungkapkan, personil Polda Sumut dan jajaran terus mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Namun, masih banyak masyarakat yang mencoba untuk melanggar. “Kami imbau dan ingatkan kembali kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik lebaran. Mengingat situasi pandemi Covid-19 saat ini yang masih sangat tinggi tingkat penyebarannya. Jadi mari lindungi diri sendiri dan keluarga,” pesan Hadi.

Hadi mengatakan Polda Sumut dan jajaran juga gencar membagikan masker gratis kepada masyarakat. Dihari ketiga Ops Ketupat Toba 2021 ini, sebanyak 820 masker dibagikan. “Imbauan penerapan protokol kesehatan juga tidak henti-hentinya kami berikan kepada masyarakat. Harapan kami tingkat kesadaran masyarakat akan bahaya penyebaran Covid-19 dan pentingnya penerapan protokol kesehatan semakin tinggi,” ucap Hadi.

Sebelumnya, hari kedua pelaksanaan Operasi (Ops) Ketupat Toba 2021, Poldasu beserta Polres sejajaran, memutar balik 349 kendaraan yang mencoba melintasi Pos Penyekatan larangan mudik lebaran di Sumatera Utara. Sedangkan hari pertama pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2021, Polda Sumut beserta Polres sejajaran memutar balik ratusan kendaraan yang hendak melewati pos penyekatan.

Diketahui, Poldasu menggelar Operasi Pekat Toba 2021 mulai dari tanggal 6-17 Mei 2021. Dalam Operasi ini, selain mengamankan perayaan Idul Fitri 1442 H, petugas juga melaksanakan penyekatan larangan mudik di Provinsi Sumatera Utara. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles