23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Duta Besar Australia: Pendidikan Sangat Penting Dalam Hubungan Australia Dengan Indonesia

Medan, MISTAR.ID

Pendidikan sangat penting dalam hubungan antara Australia dan Indonesia. Bahkan Australia dan Indonesia adalah negara demokratis memiliki banyak kesamaan.

Hal ini dikatakan Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM kepada wartawan usai memberikan kuliah umum kepada puluhan mahasiswa di Aula Fisip USU, Selasa (16/5/23).

“Oleh karena itu, saya senang sekali bisa datang ke USU berbicara dengan mahasiswa dan mahasiswi tentang hubungan bilateral antara Australia dan Indonesia,” sebutnya.

Bahkan, dikatakannya banyak pertanyaan yang menarik dari mahasiswa dan mahasiswi. Hal ini menurutnya mencerminkan interest dibagian anak remaja di hubungan Australia dan Indonesia.

“Ini merupakan kunjungan resmi pertama saya ke Medan, Sumatera Utara. Saya senang sekali karena setelah beberapa tahun pandemi saya bisa jalan di luar Jakarta. Dan, saya sangat senang bisa datang ke USU,” ucapnya.

Baca juga : Pemprov Sumut Jajaki Program Beasiswa Hingga Pertukaran Pelajar Dengan Australia

Mrs Penny menuturkan sudah setiap tahun ada ratusan beasiswa S2 dan S3 dari Pemerintah Australia untuk pelajar Indonesia.

“Saya melihat di sini juga banyak dosen-dosen USU yang mengambil beasiswa itu dari bidang teknologi, antropologi, management dan setiap tahun ada kesempatan untuk dosen-dosen untuk memberi akreditasi belajar S2 atau S3 di Australia. Juga sebaliknya ada mahasiswa dari Australia yang datang ke USU. Jadi ini sangat penting. Saya juga bahas bersama wakil rektor mengenai kolaborasi dalam riset itu juga sangat penting,” ujarnya.

Wakil Rektor IV USU, Prof Dr Opim Salim Sitompul mengatakan pihaknya merasa sangat gembira dengan kunjungan Duta Besar Australia.

“Ini merupakan kesempatan kita melanjutkan kerjasama dengan luar negeri. Baik itu pertukaran pelajar atau pertukaran dosen dan lain-lain. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk USU,” pungkasnya.

Sebelumnya, Duta Besar Australia juga telah bertemu dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Selain itu, Mrs Penny juga akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan dengan alumni Australia menandai perayaan 70 tahun beasiswa Australia di Indonesia. (Anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles