14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Dinkes Medan Dukung Kenaikan Harga Rokok

Medan | MISTAR.ID – Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan sangat mendukung pemerintah dengan menaikkan harga rokok. Pasalnya, dengan naiknya harga ini, masyarakat bisa berhenti merokok yang dapat merusak kesehatan.

“Kita mendukung, kalau bisa lebih mahal,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendy, Senin (6/1/20).

Menurut dia, dengan naiknya harga rokok, masyarakat dapat berhenti untuk merokok. “Kita harapkan orang berhitung membeli rokok, agar semakin sadar merokok ini tujuannya apa,” jelas dia.

Kalau menurut aspek kesehatan, sebut dia, sudah jelas rokok sangat merugikan. “Dapat meracuni kesehatan kita,” terang Edwin.

Bukan hanya merugikan kesehatan perokok, namun asap rokok juga dapat merugikan kesehatan orang banyak. “Apalagi perokok pasif itu sangat dirugikan bila kena asapnya,” ungkapnya.

Menurut dia, salah satu tujuan pemerintah menaikan harga rokok yakni untuk kesehatan. “Kita selama ini tidak bisa melarang karena sudah banyak kecanduan dan ketergantungan. Pemerintah bukan melarang merokok tapi pembatasan merokok,” ujar dia.

“Jadi kita juga berharap agar dapat mengurangi angka perokok lebih menyadarkan untuk kesehatan,” kata dia lagi.

Edwin menambahkan kalau pengganti rokok seperti vape juga dianggap bahaya bagi kesehatan manusia. Vape juga membahayakan bagi kesehatan. Itu banyak dampak merugikan karena itu banyak zat kimia,” jelasnya.

Reporter: Saut Hutasoit
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles