10 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Demoday dan Expo Wirausaha Merdeka di UMSU, ITSI Jual Sayuran Hidroponik

Medan, MISTAR.ID

Ramaikan karya terbaik produk-produk mahasiswa di Expo Wirausaha Merdeka Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) hadirkan sayuran hydroponik beserta media tanamnya. Expo ini diselenggarakan Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis (PUSKIIBI) UMSU.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 5 hari, 28 November hingga 2 Desember 2023 ini menghadirkan bermacam aneka ragam wirausaha. Salah satunya sayuran hidroponik yang bisa dipetik langsung saat membeli.

Wakil Direktur Hydrogreen Earth, Gani mengatakan ada 4 jenis sayuran yang mereka hadirkan untuk diperjualbelikan.

Baca Juga: Ketua DPRD Sumut: CSR Perkebunan Sawit Harus Berkontribusi pada Pembangun Daerah

“Jadi sayur yang kami budidaya ini ada pakcoy, selada, samhong dan bayam. tapi yang ini baby bayam, biasanya kan kalau bayam dia harus dipetik lagi baru dimasak. Nah tapi kalau baby bayam ini tinggal potong akar aja sudah bisa langsung dimasak,” katanya kepada Mistar.id, Rabu (29/11/23).

Gani menjelaskan, ada 4 instalasi yang digunakan sebagai media tanam hidroponik mereka, yakni rak susun, tower, stayrofom dan terakhir berbentuk sistem week.

Ia juga menjelaskan masa pertumbuhan sayuran hidroponik tersebut sampai bisa dipanen.

“Mulai dari penyemaian hingga pindah tanam, semai satu malam lalu taruh di rockwool dan pindah tanam 1-2 minggu. Lalu minggu ketiga dan empat pindah ke sistem instalasinya. Jadi hari ke 25-30 sudah bisa dipanen,” rincinya.

Related Articles

Latest Articles