19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Demo Komadsu di PLN UIKSBU Medan Desak Tangkap Direksi Pekerjaan

Medan, MISTAR.ID
Sekelompok orang menamakan dirinya Koalisi Mahasiswa Daerah Sumatera Utara (Komadsu), berunjuk rasa di Kantor PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara (UIKSBU) Jalan Brigjen Katamso Medan, Senin (17/1/22).

Dalam aksinya, demonstran secara tegas mengecam indikasi praktik korupsi yang terjadi di lingkungan kerja PLN UIKSBU, dalam hal ini menyangkut pekerjaan di PLTU Sicanang Belawan.

Sejumlah poster berisi kecaman dan aspirasi seperti “Tangkap Sudjana Direksi Pekerjaan, Pak menteri BUMN Evaluasi jajaran PLN UIKSBU dan Bongkar seluruh praktik korupsi di PLN UIKSBU” turut menghiasi aksi tersebut.

Baca Juga:Buntut Warga Demo Masalah Kepling, DPRD Medan Panggil Lurah dan Camat Medan Denai

Beberapa saat meneriakkan aspirasinya hingga mengundang perhatian warga dan pengendara yang melintas, anak-anak Komadsu kemudian meringsek masuk ke depan pagar yang sudah ditutup Satpam dan dijaga aparat kepolisian.

“Bacakan korupsi proyek di pembangkit Sicanang Belawan beberapa tahun lalu yang menyeret General Manajer dan beberapa pejabat di zaman KITSBU ke penjara, nyatanya tak menjadi efek jera. Terbukti, kasus serupa yang ujung-ujungnya berpotensi merugikan negara dalam jumlah besar kembali ditemukan,” teriak Nazli Aulia selaku Koordinator Lapangan Komadsu.

Data dari hasil investigasi yang dilakukan, lanjut Nazli, lagi-lagi menyangkut pekerjaan di PLTU Belawan. Bahkan akibat terhambatnya proyek pergantian material sesuai temuan Komadsu, potensi kerugian negara mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga:Ratusan Massa Kembali Unjuk Rasa, DPRD dan Pemkab Dairi Cuek

Satu hal yang paling krusial dianggap Komadsu, yakni terancamnya pasokan listrik yang dihasilkan pembangkit dari utara Kota Medan tersebut aksi tak berjalannya proyek. Padahal listrik yang dihasilkan pembangkit di Belawan jelas menyangkut kepentingan masyarakat banyak.

“Kenapa ini terjadi? Hasil temuan kami diduga kuat semua akibat kelalaian atau justru terindikasi unsur kesengajaan Direksi Pekerjaan dalam hal ini Sudjana, yang menjabat sebagai Senior Manajer Engineering di PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara,” tegasnya.

Bahkan ketika kontrak proyek ini berakhir pada Desember 2020 lalu, proyek berupa pengadaan itu tak kunjung terealisasi.

Baca Juga:Warga Dairi Unjuk Rasa Tuntut Pelantikan Kades Terpilih Ditunda

Untuk itu, Komadsu secara tegas dalam pernyataan sikapnya mendesak agar GM PLN UIKSBU dan kroninya diperiksa, kemudian tangkap Sudjana, Direksi Pekerjaan, bongkar seluruh praktik korupsi di PLN UIKSBU yang duga sudah menggurita.

Sayangnya, aksi Komadsu ini tidak mendapat atensi dari GM dan manajemen PLN UIKSBU yang berkompoten menanggapi masalah ini. Hingga massa meninggalkan lokasi, tak satu pun dari mereka memberi penjelasan.(sembiring/hm10)

Related Articles

Latest Articles