8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Danlantamal Belawan Beri Arahan 8 Perwira Komandan Satuan Kapal Patroli

Belawan, MISTAR.ID

Delapan perwira satuan kapal patroli (Satrol) TNI AL Lantamal I yang menyandang sebagai Komandan Kapal Perang Indonesia (KRI) dan Kapal Angkatan Laut (KAL) mendapat arahan dari Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono, Selasa (21/9/21) di Aula Satrol Lantamal I.

Achmad Wibisono menuturkan, Lantamal I harus memiliki eksistensi dalam mengembangkan tugasnya di laut untuk menciptakan keamanan di laut terutama di Selat Malaka yang menjadi wilayah operasi TNI AL Lantamal I.

“Untuk memenuhi tuntutan tersebut para perwira harus mampu mengisi pengetahuan dan latihan secara terus menerus agar menjadi perwira handal dan disegani terutama di perairan wilayah TNI AL Lantamal I,” ujar Achmad Wibisono didampingi Komandan Satuan Kapal Patroli Kolonel Laut (P) Muhammad Dimmi Qumry.

Baca Juga:Danlantamal I Belawan Terima Kunjungan Kadiskomlekal dan Kapuskon Baranahan

Achmad lebih lanjut mengatakan, Selat Malaka merupakan jalur kapal yang padat dengan kapal-kapal yang melintas antar negara dan cukup mendapat perhatian dunia internasional. Kondisi perairan  Selat Malaka yang aman dari para pelaku kejahatan di laut adalah yang sangat diinginkan pelaku pengusaha perkapalan atau pelayaran.

Ini merupakan salah satu tugas dan fungsi Pangkalan Utama TNI AL I yang bermarkas di Belawan yang berada langsung di sisi Selat Malaka.

“Lantamal I Belawan bertugas melaksanakan patroli keamanan laut untuk menciptakan kondisi pelayaran yang aman dan tertib dari gangguan berupa perompakan, penyelundupan, pencurian sumber daya alam serta tindak pidana lainnya,” tuturnya.

Baca Juga:Danlantamal I Belawan Buka Latihan SAR di Laut

8 perwira yang mendapat arahan tersebut adalah Komandan KRI Karotang-872 Mayor Laut (P) Andromeda Windra Ciptadi MA, Komandan KRI Sigalu-857 Mayor Laut (P) Arief Setyawan, Komandan KRI Siliman-848 Mayor Laut (P) Mahendra, Komandan KRI Siada-862 Mayor Laut (P) Eddi Julmasri Sitepu.

Kemudian Komandan KAL Viper I-1-63 Mayor Laut (P) Pitrajaya Burnama, Komandan KAL Siba I-1-65 Mayor Laut (P) Syaikful Rokhman, Komandan KAL Tarihu I-1-64 Mayor Laut (P) Jose Rizal, Komandan KAL BOA I-1-62 Kapten Laut (P) Edufree Hutabarat. (kamaluddin/hm14)

Related Articles

Latest Articles