18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

ChatGPT Bikin Kinerja Wartawan Lebih Tertib dan Efisien

Medan, MISTAR.ID

Wartawan pemula yang baru saja terjun di dunia jurnalistik akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ChatGPT. Salah satu layanan dari Artificial Intelligence (AI). Dari yang kurang terampil membuat berita akan terbantu kinerjanya menjadi lebih tertib dan efisien.

Hal ini diungkapkan Wicaksono atau yang disapa Ndorokakung salah satu pemateri dari Publisiana dalam Pelatihan & Business Update Transformasi Telkom yang digelar di Aula Lantai 2 Witel Medan di hari kedua, Jumat (17/5/24) dan diikuti 44 jurnalis media cetak dan online di Medan.

Dalam materinya Media Sosial dan Artificial Intelligence (AI), wartawan senior ini menuturkan ChatGPT merupakan chatbot yang dapat melakukan interaksi dengan penggunanya manusia.

Baca juga : Demi Melindungi Masyarakat, DPR Cari Kajian Membentuk Regulasi Teknologi AI

“Bisa dimintai tolong untuk membuat kerangka tulisan bahkan mampu membuat berita setengah jadi hanya dalam beberapa detik. Bandingkan kalau wartawan pemula membuat berita sendiri, itu mungkin bisa sejam bahkan lebih. Jadi ChatGPT akan membantu,” jelasnya.

Tetapi, lanjut Ndorokakung, ChatGPT juga memiliki keterbatasan. Misalnya, data yang dia punya tidak real time, versi gratisnya bahkan terbatas hanya data-data sebelum 2022.
“Jadi, kalau kita tanya siapa pemenang Pilpres 2024 dia gak tahu atau memberikan jawaban yang salah. Karena datanya tersedia sebelum 2022. Namun, versi yang terbaru bisa kita tanya,” sebutnya.

Related Articles

Latest Articles