18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

BMKG Ungkap Penyebab Hujan Deras dan Angin Kencang di Medan Beberapa Hari Terakhir

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan penyebab hujan deras yang disertai angin kencang mengguyur Kota Medan dan sekitarnya beberapa hari terakhir.

Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Aryo Prasetyo Mulyo menjelaskan, fenomena itu terjadi dikarenakan terjadinya konvergensi angin.

“Untuk kejadian hujan deras dan angin kencang 3 hari kemarin di wilayah Sumatera Utara (Sumut) (karena) adanya konvergensi angin,” katanya saat dikonfirmasi mistar.id melalui pesan teks, pada Minggu (23/6/24).

Baca juga:Hujan Deras, Gang Subur Lama Jalan Katamso Medan Terendam Banjir

Sehingga, dikatakan Aryo, hal itu mengakibatkan terjadinya angin kencang di sejumlah wilayah di Sumut, khususnya Kota Medan dan sekitarnya.

“Hal tersebut tentu menyebabkan angin kencang, karena itu stabilitas udara di wilayah Sumut mencapai 94 persen yang menyebabkan tumbuhnya awan konvektif penyebab hujan deras itu sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut Aryo mengatakan, bahwa kondisi cuaca seperti itu diperkirakan tidak akan terjadi di Kota Medan dan sekitarnya pada hari ini dan esok hari, Senin (24/6/24).

Baca juga: 2 Warga Hamparan Perak Tewas Tertimpa Pohon Jati Saat Hujan Deras

Walaupun demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu. (deddy/hm16)

Related Articles

Latest Articles