7.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Besok Lereng Barat Sumut Diprediksi Hujan Lebat, Warga Diminta Waspada

Medan, MISTAR.ID

Badan Meterologi Klimatologi dan Geosifika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi sebagian besar wilayah di Sumatera Utara (Sumut) akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Minggu (31/3/24).

Pada dini hari dan pagi hari seluruh wilayah di Sumut dalam kondisi berawan. Namun, siang hari hujan lebat diprediksi turun di wilayah Lereng Barat, Pegunungan dan Pantai Barat Sumatera.

“Hujan lebat berpotensi turun di Pakpak Bharat, Dairi, Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapteng, Taput dan sekitarnya,” ujar Prakirawan BMKG, Budi Prasetyo, Sabtu (30/3/24).

Baca Juga : BMKG: Selama Dua Hari, 27 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Disertai Angin

Budi menyebut, kondisi hujan lebat masih akan terus berlangsung pada malam hari di wilayah yang sama.

“Untuk suhu udara 16 -34.0°C, kelembapan udara 60-95% dan angin berhembus dari arah Timur Laut-Timur dengan kecepatan 10-30 km/jam. Untuk titik panas (hotpsot) terpantau tidak ada,” sebutnya.

Baca Juga : BMKG: Besok, Kota Medan Diperkirakan Cerah Berawan

Budi pun mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah Lereng Barat dan pegunungan Sumatera Utara untuk mewaspadai terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya.

“Wilayah lereng dan pegunungan rentan terjadi bencana jika hujan dengan intensitas lebat turun dalam waktu yang lama. Untuk itu, terus waspada dan mengikuti arahan pemerintah,” pungkasnya. (rahmad/hm24)

Related Articles

Latest Articles