16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

BMKG: Hujan Lebat Didominasi di Lima Provinsi

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakiraan cuaca akan terjadi hujan lebat didominasi di lima provinsi pada Jumat (12/1/24). Namun, sebagian besar wilayah Indonesia dilanda hujan ringan hingga lebat.

“Di Sumatra secara umum hujan ringan, namun yang berpotensi hujan sedang terjadi di Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara, Kepulauan Riau. Sedangkan di Jambi berpotensi hujan lebat,” tulis BMKG dalam prakiraannya.

Prakiraan berbasis terjadi hujan lebat dengan potensi wilayah terdampak berstatus siaga ada di lima provinsi yakni di Jambi, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Baca juga : BMKG Prakirakan Dua Hari Kedepan Cuaca di Kota Medan Berawan

“Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari timur laut-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-selatan dengan kecepatan 4-20 knot,” demikian dalam keterangan BMKG.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudra Hindia barat Aceh, perairan Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru bagian tengah. Gelombang dengan ketinggian 2,5 sampai 4 meter berpotensi di wilayah Laut Natuna bagian utara, Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga Nusa Tenggara Timur.

Related Articles

Latest Articles