13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

BMKG: Selama Dua Hari, 27 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Disertai Angin

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi melanda beberapa wilayah Indonesia hari ini, Kamis (28/3/24) dan besok, Jumat (29/3/24).

Sejumlah wilayah diprediksi alami cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang seperti dikutip dari data BMKG di akun Instagram @infobmkg.

Diketahui, saat ini Indonesia tengah memasuki masa pancaroba, peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. BMKG menyebut ada tiga bibit siklon tropis yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P berada di dekat wilayah Indonesia pada 26 Maret 2024.

Baca juga : Penjelasan BMKG Soal Cuaca di Medan Kerap Mendadak Berubah

Tiga bibit siklon tropis tersebut termonitor berada di sekitar Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, yang menunjukkan pengaruh terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia bagian selatan.

Berikut peringatan dini BMKG, sejumlah wilayah yang diprediksi alami cuaca ekstrem. Hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang 28 Maret 2024 yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah,

Related Articles

Latest Articles