14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis Muncul, Pemudik Diimbau Hati-hati Cuaca Ekstrem

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mendeteksi bibit siklon tropis baru 96S muncul di sekitar Laut Sawu (10.2oLS 121.0oBT).

Berdasarkan informasi, bibit siklon ini diidentifikasi menunjukkan kecenderungan menguat secara perlahan dalam beberapa hari ke depan.

“Kemunculan bibit siklon baru ini bisa jadi akan memicu terjadinya cuaca ekstrem. Jadi mohon kepada masyarakat diharapkan untuk lebih berhati-hati dan waspada,” jelas Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Jakarta, Kamis (4/4/24).

Baca juga : BMKG: Selama Dua Hari, 27 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Disertai Angin

Dikatakan Dwikorita, cuaca ekstrem yang terjadi dapat menimbulkan banyak kerugian, baik secara materil maupun immateriil. Selain itu, cuaca ekstrem dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Karena berpotensi terjadi di pekan arus mudik, sambung Dwikorita, secara khusus BMKG mengimbau kepada pemudik untuk secara aktif selalu mengecek informasi dan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Apabila kondisi cuaca sedang buruk, jangan memaksakan diri dan sebaiknya ditunda dulu. Utamakan keselamatan, bukan kecepatan,” imbuhnya.

Related Articles

Latest Articles