22.3 C
New York
Friday, August 16, 2024

6.000 Personel TNI Disiagakan untuk Amankan Pilkada Serentak di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) I Bukit Barisan, Brigjen Refrizal menyebut, pihaknya menyiagakan 6.000 personel TNI, untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah daerah Sumatera Utara (Sumut).

Dijelaskan Refrizal, untuk Pilkada tahun ini pihaknya memang menyiagakan 10.000 Personel TNI untuk ditugaskan dalam Operasi Pengamanan Pilkada serentak.

“Untuk wilayah Sumatera Utara, kita siapkan 6.000 personel. Sementara untuk Provinsi Riau sebanyak 2.000 personel. Untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat dan Kepulauan Riau sebanyak 1.000 personel,” ujar Brigjen Refrizal, Jumat (16/8/24) di Lapangan Kodam Bukit Barisan, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Baca juga: Jelang Pilkada Serentak, Polda Sumut Gelar Simulasi Sispam Kota

Hari ini, Jumat 16 Agustus 2024 Kodam I Bukit Barisan telah menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keamanan Pilkada Serentak. Artinya, 10.000 personel TNI ini telah siap untuk ditugaskan untuk operasi pengamanan.

“Apel gelar ini merupakan tindak lanjut dari perintah operasi yang telah diberikan untuk menjamin kesiapan operasional seluruh personel maupun alat peralatan serta alutsista yang akan digunakan pada pengamanan pilkada serentak tahun 2024,” kata Refrizal.

Tugas pengamanan ini merupakan kehormatan sekaligus kepercayaan yang diberikan oleh rakyat kepada TNI AD, sehingga harus dilaksanakan secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab, tegasnya.

Baca juga: Persiapan Pengamanan Pilkada, Polres Samosir Gelar Rapat Lintas Sektoral

Untuk itu, Prajurit juga diingatkan guna memegang teguh prinsip netralitas dan mengutamakan tindakan persuasif saat di lapangan, serta harus memahami tugas dan tanggung jawab, sehingga terhindar kesalahan prosedur.

“Laksanakan koordinasi melekat dengan instansi terkait, serta pedomani rule of engagement (ROE) atau aturan pelibatan yang telah ditetapkan komando,” timpalnya lagi.

Untuk diketahui, apel gelar pasukan ini turut dihadiri oleh Wakapolda Sumut Brigjen Rony Samtana, Kabinda Sumut, dan perwakilan Pejabat Gubernur Sumatera Utara. (matius/hm25)

Related Articles

Latest Articles