21.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

35 Bayi Lahir Pada HUT RI Di Medan

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak  35 orang bayi lahir di Medan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75, Senin (17/8/ 20). Data tersebut dihimpun dari sejumlah rumah sakit di Medan di antaranya Rumah Sakit Umum (RSU) Murni Teguh, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Rosiva, RSIA Stela Maris, dan RSIA Eva.

Sementara itu, Humas RSIA Stela Maris, Halinah mengaku, di tempatnya terdapat 20 orang bayi yang lahir pada 17 Agustus ini. Dari jumlah tersebut, 17 di antaranya lahir dengan cara caesar dan 3 lagi dengan cara normal.

“Saat ini ada 19 yang sudah lahir dan 1 lagi yang sedang menunggu proses kelahiran. Jadi total bayi lahir di HUT ke-75 ada 20 bayi, dimana 8 bayi berjenis kelamin perempuan dan 11 bayi laki-laki,” terangnya.

Baca juga: Tiga Bayi Lahir Saat Pembacaan Detik Proklamasi di RSIA Eva Medan

Humas RS Murni Teguh, Winda Lingga menyebutkan, di RSU Murni Teguh terdapat 2 bayi yang lahir bertepatan dengan HUT RI ini. Keduanya kata dia, merupakan bayi perempuan yang lahir secara caesar.

Baca juga: Potret Terbalik Para Proklamator Dikreasikan untuk Rayakan HUT ke 75 RI

“Bayi pertama lahir pada pukul 10.53 WIB dan bayi kedua lahir pada pukul 13.10 WIB. Kedua bayi lahir dengan cara caesar, dan keduanya sehat,” ungkapnya.

Sedangkan di RSIA Rosiva, terdapat 10 orang bayi yang lahir di rumah sakit yang kini telah bekerjasama. Kesepuluh bayi tersebut masing-masing dengan jenis kelamin laki-laki 6 orang dan 4 perempuan.

Dari jumlah itu, hanya 2 bayi yang lahir secara normal, sedangkan 8 lainnya melalui caesar.

Terpisah, dokter spesialis anak RSIA Eva, dr Jony Hartono SpA mengatakan, di tempatnya ada sebanyak tiga orang bayi yang juga lahir. Ketiga bayi itu, lahir dengan cara caesar.

“Mereka lahir dengan proses operasi caesar selama kurang lebih 15 menit. Semuanya dalam kondisi sehat dengan berat badan tiga kiloan,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu orang tua bayi, Tara mengatakan, bahwa kelahiran bayinya tersebut memang direncanakan tepat pada momen hari kemerdekaan. Ia berharap, anak keduanya ini dapat tumbuh kembang secara sehat, selain itu memiliki jiwa pemberani dan patriotisme serta cinta kepada negara.

“Semoga anak saya ini bisa berbakti kepada nusa dan bangsa,” harapnya. (Anita/hm06).

 

Related Articles

Latest Articles