27.7 C
New York
Friday, June 28, 2024

Wanita Pertama Presiden Meksiko, Ini Janji Kampanye Claudia Sheinbaum 

Mexico City, MISTAR.ID

Meksiko akhirnya memiliki Presiden pertama wanita, Claudia Sheinbaum usai terpilih dengan kemenangan telak dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilangsungkan pekan ini.

“Saya mau berterima kasih terhadap jutaan perempuan dan laki-laki Meksiko, yang menetapkan untuk memilih kami pada hari bersejarah ini,” ucap Sheinbaum, dikutip AFP, pada Selasa (4/6/24).

Mantan Wali Kota Mexico City itu juga berterima kasih bagi rival utamanya dari oposisi, Xochiti Galvez, yang sudah mengakui kekalahan.

Baca juga:Presiden Meksiko Imbau Warga Argentina Lakukan Protes Damai Terhadap Pemerintahan Milei

Menurut hasil resmi awal dari National Electoral Institute, perempuan berusia 61 tahun itu memenangkan sekitar 58 persen suara. Dia mengalahkan Xochiti Galvez dan Jorge Alvarwez Maynez.

Pemimpin Meksiko, Andres Manual Lopez Obrador memuji kemenangan Sheinbaum merupakan kejadian peristiwa bersejarah.

Sementara pemimpin Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan, berharap bisa bekerja sama dengan Presiden baru Meksiko, dalam semangat kemitraan dan persahabatan.

Baca juga:Tolak Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel, Presiden Meksiko Desak Solusi Damai Palestina

Terpilihnya Presiden perempuan pertama Meksiko ini terjadi ketika Negeri Sombrero itu sedang dilanda kekerasan kriminal sampai kejahatan berbasis gender yang merajalela.

Salah seorang pemilih perempuan di Mexico City, Clemencia Hernandez, menyambut baik Presiden pilihannya bisa menggapai batas tertinggi politik.

Seorang Presiden perempuan bakal sebagai transformasi bagi negara ini. Kami berharap, dia berbuat lebih banyak untuk perempuan,” ujar Hernandez.

Baca juga:Presiden Meksiko Positif Covid-19 Ketiga Kalinya

“Banyak perempuan yang ditindas pasangannya. Mereka tak diizinkan pergi dari rumah untuk bekerja,” kata wanita berusia 55 tahun itu.

Warga lainnya, Daniela Perez mengaku, mempunyai Presiden perempuan merupakan sesuatu yang bersejarah.

Diketahui salah satu janji kampanye Sheinbaum adalah meneruskan strategi yang diusung pemimpin sebelumnya, dalam memberantas kejahatan di Meksiko hingga ke akar-akarnya. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles