14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Presiden Meksiko Imbau Warga Argentina Lakukan Protes Damai Terhadap Pemerintahan Milei

Mexico City, MISTAR.ID

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengimbau agar warga Argentina melakukan protes damai terhadap pemerintahan baru Javier Milei. Presiden libertarian radikal itu baru saja dilantik pekan lalu dengan janji pemotongan anggaran dalam upaya menekan inflasi tiga digit.

Obrador, yang sering kali mengkritik ajakan dari luar negeri untuk bertindak menentang kebijakan pemerintahannya sendiri, mengatakan bahwa rakyat Argentina harus melakukan perlawanan sipil damai dan menghindari godaan untuk menentang kebijakan Milei dengan kekerasan.

Baca Juga: Argentina Devaluasi Mata Uang 50 Persen, Peso Dijual Lebih Rendah Saat Bursa Dibuka

“Apa yang akan saya katakan kepada rakyat Argentina… jangan terprovokasi, bahwa non-kekerasan adalah efektif secara politik,” kata Lopez Obrador yang telah melakukan pemotongan anggaran pemerintah besar karena tidak sejalan dengan prioritasnya, pada konferensi pers, Jumat (15/12/23) waktu setempat.

Untuk diketahui, setelah kemenangan Milei pada pemilihan ulang bulan lalu, Lopez Obrador menolak kemenangan itu dan mengatakannya sebagai ‘gol bunuh diri’. Obrador mengaku bahwa dia tidak mendukung pemerintahan ‘rasialis dan kelasist’.

Namun, Kementerian Luar Negeri Meksiko mengucapkan selamat kepada Milei mengatakan bahwa negara tersebut akan mencari cara hubungan yang konstruktif.

Baca Juga: Tokoh Libertarian Javier Milei Menangkan Pilpres Argentina

Pekan ini, Menteri Ekonomi Argentina mengumumkan serangkaian kebijakan awal, termasuk devaluasi tajam mata uang peso, ditambah pemotongan belanja besar-besaran.

Hal itu disebut bertujuan untuk menghindari hiperinflasi dan memperbaiki krisis terburuk negaranya dalam beberapa dekade.

Pendahulu Milei, Presiden Alberto Fernandez yang berhaluan kiri, memiliki hubungan yang jauh lebih hangat dengan Lopez Obrador.

Related Articles

Latest Articles