10 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Pj Bupati Tapteng Sidak Puskesmas di Hari Libur, Sejumlah Petugas Kesehatan Kedapatan Absen

Tapanuli Tengah, MISTAR.ID

Pj Bupati Dr Sugeng Riyanta mendadak datangi Puskesmas di Sitahuis, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Sabtu (16/12/2023). Ia pun mendapati sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak hadir saat inspeksi mendadak (sdak) tersebut.

“Kita ingin melihat langsung kesiapan petugas pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” kata Sugeng.

Pada sidak tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan Pj Bupati Dr Sugeng, salah satunya melihat kondisi ruangan di Puskesmas Sitahuis, termasuk mengecek kesediaan obat obatan.

Baca Juga: Harga Bawang Naik di Akhir Pekan, Cabai Turun

Selain itu, ia juga menanyakan soal kehadiran petugas medis dan pegawai di Puskesmas Sitahuis.

Dari sidak tersebut diketahui ada 4 dokter yang belum datang hingga pukul 09.00 WIB. Padahal, jumlah seluruh pegawai yang bertugas di puskesmas itu ada 37 orang.

“Tidak ada satu orang pun dokter yang datang. Sementara perawat dan pegawai yang hadir baru 2 orang,” sebutnya.

Sugeng mengatakan, kegiatan sidak tersebut bertujuan untuk memastikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terlaksana dengan baik.

Baca Juga: 240 PBP Belum Mengambil Bantuan Beras Tahap II di Tanjungbalai Selatan

Menurutnya, puskesmas merupakan bagian terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Anggaran dinas kesehatan besar. Jadi antara anggaran yang besar harus seimbang dengan pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan maksimal,” jelasnya.

Melihat kondisi itu, Pj juga meminta agar petugas kesehatan mulai dari dokter, perawat dan pegawai Puskesmas di Sitahuis agar selalu bekerja dengan disiplin, penuh tanggung jawab.

“Pelayanan kesehatan harus lebih diutamakan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Masyarakat sehat Negara kuat,” kata Pj Bupati. (Hendra/hm22)

Related Articles

Latest Articles