9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Sebagian Wilayah AS Kembali Wajibkan Penggunaan Masker

California, MISTAR.ID

Beberapa wilayah di Amerika Serikat (AS) kembali mewajibkan penggunaan masker. Kebijakan ini diambil masing-masing pemerintah setempat setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengumumkan terjadinya peningkatan pasien Covid-19  di sejumlah rumah sakit di AS.

Peningkatan dari 15.073 pasien menjadi 20.552 pasien antara tanggal 19 Agustus dan 9 September 2023. Meski ada lonjakan, CDC sendiri belum mengumumkan wajibnya penggunaan masker. Kebijakan merupakan inisiatif beberapa wilayah di AS untuk meningkatkan kewaspadaan.

Lokasi yang mengambil inisiatif penggunaan masker kembali terjadi di beberapa rumah sakit California, New York, Cincinnati, serta sekolah di Alabama. Profesor dan Kepala Departemen Kedokteran di Universitas California San Francisco, Robert Wachter, menjelaskan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali menggunakan masker.

Baca juga: Wajib Masker Dicabut, Kapan Jokowi Nyatakan Status Endemi?

“Jika masyarakat ingin berhati-hati, inilah waktu yang tepat menggunakan masker kembali,” kata Robert Wachter, Sabtu (30/9/23).

Ahli epidemiologi dan profesor kesehatan masyarakat di Montclair State University, Stephanie Silvera, mengungkapkan penggunaan masker bertujuan untuk menghambat penyebaran lebih lanjut.

“Meski, tidak diinginkan oleh banyak orang,” kata Silvera. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles