13.2 C
New York
Friday, May 3, 2024

Satu Keluarga WNI Kembali Berhasil Dievakuasi dari Jalur Gaza

Jalur Gaza, MISTAR.ID

Pemerintah Indonesia kembali berhasil mengevakuasi satu keluarga warga negara Indonesia (WNI) dari Jalur Gaza yang menjadi pusat konflik antara kelompok Hamas dan tentara Israel, Minggu (12/11/23).

Setelah sempat mengalami kesulitan untuk mengevakuasi keluarga Muhammad Husein dari Gaza Selatan, Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi mereka melalui pintu Rafah yang berbatasan dengan Mesir.

Muhammad Husein bersama dua putranya – Musallam MA Jenan dan Habibirrahman MA Musallam Jenan – yang juga berkewarganegaraan Indonesia dan istrinya, Jenan Yunus Ikhlas yang berkewarganegaraan Palestina, kini sudah berada di wilayah Mesir dan sudah bersama dengan tim evakuasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mesir. Selanjutnya mereka akan dibawa ke Kairo dan akan dipersiapkan kembali ke Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers secara virtual dalam penerbangan dari Riyadh, Arab Saudi menuju Washington DC mengaku telah mendapat konfirmasi dari tim KBRI di Kairo pada pukul 18.00 WIB, bahwa Husein sekeluarga berhasil dievakuasi ke Mesir.

Baca Juga : Serangan Bom Israel Menyasar Sekitar Tiga Rumah Sakit di Gaza

Retno menjelaskan, proses evakuasi ini memakan waktu yang cukup lama, mulai dari isu nama Husein yang tidak ada di dalam daftar warga negara Indonesia (WNI) yang diizinkan dievakuasi, hingga proses memasukkan nama dan menunggu dibukanya pintu perbatasan. Ia menggarisbawahi upaya maksimal yang dilakukan tim Kementerian Luar Negeri dalam proses evakuasi ini.

“Selama hampir sepekan di Timur Tengah, saya terus berkomunikasi dengan banyak pihak untuk memastikan Husein sekeluarga dalam keadaan baik, masuk dalam daftar, dan beberapa kali dirinya meminta agar perlintasan Rafah segera dibuka,” jelas Retno.

Beragam upaya juga dilakukan oleh tim evakuasi di Jakarta di bawah komando Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, dan tentunya tim evakuasi KBRI Kairo. Sebelumnya, Kemlu juga berhasil mengevakuasi keluarga Abdillah Onim bersama tiga anak dan istrinya dari Gaza.

Hingga laporan ini disampaikan masih ada tiga warga Indonesia yang memilih tetap tinggal di Rumah Sakit Indonesia di Bait Lahiya, utara Gaza. Mereka merupakan relawan dari Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Baca Juga : Lingkungan Rumah Sakit Indonesia di Gaza Digempur Rudal Israel!

Retno menekankan Kementerian Luar Negeri tetap berkomunikasi dengan ketiga warga Indonesia yang merupakan relawan MER-C itu dan dengan perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan mereka dalam keadaan baik.

Upaya Menghentikan Perang di Gaza

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof Dr Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan, lembaganya berharap segera ada langkah-langkah dari berbagai pihak untuk menghentikan Perang Gaza.

MUI juga berharap Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera menggelar pertemuan untuk membahas bagaimana menghentikan Perang Gaza.

“Kedua belah pihak harus mundur supaya korban tidak berjatuhan dari kedua, terutama korban masyarakat sipil,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles