18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Rencana Pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping, Menlu: China dan AS harus ‘Kembali ke Bali’

Beijing, MISTAR.ID

Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi mengatakan jalan menuju pertemuan puncak antara Presiden Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden di San Francisco tidak akan lancar.

Wang, dikutip dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Minggu (29/10/23) mengatakan bahwa Tiongkok dan Amerika Serikat akan “kembali ke Bali”, mengacu pada pertemuan terakhir antara Biden dan Xi, di sela-sela KTT G20 November lalu, di mana mereka membahas Taiwan, persaingan dan komunikasi.

Wang bertemu dengan Biden dan para pembantu utamanya di Washington pada Kamis dan Jumat lalu dan setuju untuk bekerja sama menuju pertemuan bilateral yang dijadwalkan pada di sela-sela Konferensi APEC KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik.

Baca juga : Rusia dan China Veto Desakan AS untuk Aksi PBB ke Israel – Gaza

Serangkaian pertemuan diplomatik bilateral selama beberapa bulan terakhir, sebagian besar atas permintaan Amerika Serikat, bertujuan untuk menyelamatkan hubungan yang memburuk dengan cepat pada awal tahun ini setelah Amerika Serikat menembak jatuh sebuah balon mata-mata China.

Namun dalam pidatonya pada hari Sabtu, Wang memperingatkan bahwa perjalanan menuju puncak tidak akan mulus dan perjalanan tidak akan dilakukan secara “autopilot”, kata kementerian dalam sebuah pernyataan.

Related Articles

Latest Articles