10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Presiden AS Beri Paket Bantuan Rp28 T dan Rudal Patriot ke Ukraina

Washington DC, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden secara resmi mengumumkan paket bantuan militer tambahan senilai US$ 1,8 miliar (Rp28 triliun) untuk Ukraina dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Volodymyr Zelensky di Gedung Putih. Bantuan itu mencakup sistem pertahanan rudal Patriot yang canggih.

Seperti dilansir media, Kamis (22/12/22), Zelensky terbang ke Washington DC dan mengunjungi langsung Gedung Putih untuk bertemu Biden pada Rabu (21/12/22) waktu setempat. Keduanya melakukan pembicaraan di Ruang Oval sebelum menggelar konferensi pers bersama di hadapan wartawan.

Dalam pengumumannya soal paket bantuan militer terbaru yang mencakup sistem rudal Patriot, Biden menyatakan bahwa ‘akan memerlukan waktu untuk menyelesaikan pelatihan yang diperlukan’ guna mengoperasi sistem pertahanan rudal itu.

Baca juga: Presiden Ukraina Kunjungan Mendadak ke Washington, Temui Biden dan Berpidato di Depan Kongres

Namun Biden juga menegaskan bahwa sistem rudal Patriot akan menjadi ‘aset penting’ untuk pertahanan Ukraina. Biden juga menyatakan komitmen AS untuk mendukung Ukraina ‘mempertahankan negara mereka melawan agresi Rusia selama yang diperlukan’.

Menanggapi pengumuman Biden, Zelensky yang berdiri di sebelahnya mengucapkan terima kasih kepada AS. Dia menyebut sistem rudal Patriot akan menjadi ‘langkah sangat penting’ dalam menciptakan wilayah udara yang aman.

“Elemen terkuat dari paket ini adalah sistem baterai Patriot, sesuatu yang akan memperkuat pertahanan udara kami secara signifikan,” sebut Zelensky.

“Ini menjadi langkah yang sangat penting untuk menciptakan wilayah udara yang aman bagi Ukraina dan itu akan menjadi satu-satunya cara kami dapat menghalangi negara teroris untuk menyerang sektor energi kami, rakyat kami dan infrastruktur kami,” cetusnya.

Baca juga: Rusia Tak Mau Gencatan Senjata Saat Natal, Warga Ukraina Maki Putin

Dituturkan Zelensky bahwa dirinya kini memiliki ‘kabar baik untuk dibawa pulang ke rumah’ dengan adanya paket bantuan terbaru dari AS tersebut. “Rusia perlu dimintai pertanggungjawaban terhadap kami, rakyat kami, terhadap Eropa dan dunia yang bebas,” tegas Zelensky.

Sementara Biden dalam pernyataannya juga memperjelas bahwa ada batasan-batasan untuk apa saja yang akan diberikan oleh sekutu-sekutu Ukraina. “Kami akan memberikan Ukraina apa yang dibutuhkan untuk mempertahankan diri agar dapat berhasil,” jelas Biden. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles