17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

PM Slovakia Robert Fico Masih Kritis Usai Ditembak

Banska Bystrica, MISTAR.ID

Perdana Menteri Slovakia Robert Fico masih dalam kondisi kritis dan berisiko komplikasi. Namun, pejabat setempat mengatakan, kondisi Robert Fico sudah lebih stabil.

Perdana menteri berusia 59 tahun itu ditembak lima kali dari jarak dekat dalam serangan yang menggemparkan Eropa dan menimbulkan kekhawatiran atas kondisi politik yang terpolitisasi di Slovakia, negara dengan populasi 5,4 juta orang.

Baca juga: Mohammed bin Salman Ketemu Perwakilan AS Bahas Gaza

“Kami belum menang, itu perlu kami katakan,” kata Wakil Perdana Menteri Robert Kaliniak, saat menjelaskan kondisi Fico di depan rumah sakit di Kota Banka Bystrica tempat perdana menteri tersebut sedang dirawat.

Pengadilan Pidana Khusus Slovakia, Sabtu (18/5/24) memutuskan bahwa tersangka, yang diidentifikasi jaksa sebagai Juraj C, akan tetap ditahan setelah didakwa melakukan percobaan pembunuhan.

Menteri Dalam Negeri Matus Sutaj Estok mengatakan bahwa tersangka yang langsung ditahan seusai kejadian, bertindak sendiri.

Baca juga: Banjir Bandang di Afghanistan Tewaskan 50 Orang

“Tersangka sebelumnya telah mengikuti protes anti-pemerintah,” katanya, Kamis (16/5/24).

Kaliniak mengatakan bahwa tidak ada kebutuhan untuk secara resmi mengambil alih tugas resmi Fico. Pendana Menteri Slovakia itu menjalani operasi selama dua jam pada hari Jumat (17/5/24) untuk meningkatkan prospek pemulihannya. (mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles