12 C
New York
Monday, May 13, 2024

Operator PLTN Fukushima: Tahap Pertama Pembuangan Air Limbah Telah Selesai

Tokyo, MISTAR.ID

Operator PLTN Tokyo Electric Power (Tepco) melaporkan tahap pertama pembuangan air limbah nuklir dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi ke Samudra Pasifik berhasil diselesaikan dengan aman.

Sebelumnya, pembuangan air limbah hasil olahan PLTN Fukushima yang sudah rusak dihantam tsunami itu dimulai sejak Kamis (24/8/23).

Dikutip dari Associated Press, rampungnya pembuangan air limbah tahap pertama ini disampaikan oleh juru bicara Tepco, Teruaki Kobashi, kepada wartawan pada Senin (11/9/23).

Baca juga : Jepang Mengklaim Limbah Air PLTN Fukushima Tak Bermasalah ke Ikan

Kobashi mengatakan, dalam periode tahap pertama selama 17 hari Tepco telah membuang 7.800 ton air limbah ke perairan yang telah diolah dari 10 tangki.

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 1,34 juta ton air limbah radioaktif tersimpan di seribu tangki yang berada di PLTN Fukushima.

Adapun langkah berikutnya yang akan dilakukan Tepco adalah menginspeksi serta membersihkan fasilitas tersebut sebelum memulai tahap kedua yang dijadwalkan beberapa pekan mendatang.

“Para pekerja PLTN akan membilas pipa dan peralatan lainnya serta memeriksa sistem selama beberapa minggu ke depan sebelum memulai pelepasan 7.800 ton tahap kedua yang disimpan di 10 tangki lainnya,” ujar Kobashi.

Related Articles

Latest Articles