19.1 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

KTT Kelompok Negara BRICS, Isu Penolakan Mata Uang Dolar dalam Perdagangan Mencuat

Moskow, MISTAR.ID

Kelompok negara BRICS berusaha “mematikan” kekuatan mata uang dolar. Hal ini mencuat menjadi isu menarik dalam pertemuan KTT BRICS. Para pemimpin negara BRICS akan membahas penggunaan mata uang dalam perdagangan. Dimana dalam proses perdagangan antarnegara-negara BRICS akan membentuk mata uang sendiri. Informasi itu dikutip dari berita  Financial Times (FT), Senin (21/8/23).

Namun untuk rencana pembahasan penolakan penggunaan dolar tidak masuk dalam jadwal rapat resmi. Hal itu dituangkan dalam  FT, Sherpa BRICS Afrika Selatan Anil Sooklal. FT menjelaskan bahwa de-dolarisasi pada pertengahan Agustus tidak termasuk dalam agenda kelompok ini.

Baca juga: Hadiri KTT BRICS, Hari Ini Presiden Jokowi Berangkat ke Afrika

Adapun pertemuan KTT BRICS akan digelar tanggal 22-24 Agustus 2023 di Johannesburg, Afrika Selatan. Negara yang masuk kelompok BRICS terdiri dari Cina, Afrika Selatan, Brazil, India dan Rusia.

Adapun jumlah pemimpin negara yang diundang berpartisipasi dalam KTT BRICS itu sebanyak 54 orang. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan melakukan perjalanan ke Johannesburg untuk mewakili Rusia di KTT secara langsung. Sedangkan Presiden Rusia Vladimir Putin rencananya akan ikut dalam rapat itu dalam format online. (mtr/hm17)

 

 

Related Articles

Latest Articles