19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Jaga Jarak, Cafe Ini Sediakan Topi Baling-baling

Berlin, MISTAR.ID

Untuk “memaksa” warga mengatur jarak, berbagai cara dilakukan di belahan dunia. Salah satu yang menarik, di Jerman, sebuah cafe mengharuskan tamunya mengenakan topi “baling-baling bambu’ ala Doraemon.

Pemilik cafe, Jaqueline Rothe di Schwerin, mengatakan lebih memilih penggunaan aksesoris yang harus dikenakan di kepala pengunjung ketimbang menggunakan tanda di lantai untuk membuah orang mematuhi aturan jaga jarak.

Ketika memasuki cafe, pengunjung akan dibagikan topi dengan sebuah ‘baling-baling’ warna-warni yang merupakan pelampung renang. Aksesoris itu harus dikenakan selama pengunjung menikmati suasana pasca dibukanya kembali sejumlah sektor bisnis, termasuk cafe di Jerman.

Rothe mengaku caranya itu mendapat respons positif dari para pengunjung yang hendak menyeruput kopi sambil menikmati hangat sinar matahari kota.

Menurutnya, cara yang dianggap lucu oleh banyak orang ini efektif untuk membuat pengunjung tidak berdekatan selama berada di dalam cafe.

“Itu adalah metode yang sempurna dan tentu saja lucu, para pengunjung benar-benar menyukainya. Tetapi apa yang ditunjukkan sebenarnya sangat sulit untuk menjaga jarak 1,5 meter antar pengunjung,” ujar Rothe, baru-baru ini.

Selain menerapkan aturan jaga jarak, cafe Rothe juga memangkas kapasitas pengunjung dari semula 36 meja menjadi hanya 20 meja. Hal itu dilakukan sesuai dengan aturan protokol yang dilakukan pemerintah Jerman saat melonggarkan aturan lockdown.

Jerman secara bertahap mulai memasuki fase satu pelonggaran lockdown setelah laporan penyebaran virus corona mulai melambat. Interaksi sosial di restoran dan bar sudah diizinkan kembali, tetapi dibatasi dan setiap pelanggan harus berjarak sejauh enam kaki.

Masyarakat Jerman kini wajib mengenakan masker jika berada di pertokoan dan angkutan umum.

 

Sumber : CNN
Editor : Mahadi

Related Articles

Latest Articles