21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Hadiri Sidang DK PBB untuk Pertama Kalinya, Presiden Ukraina Desak Pencabutan Hak Veto Rusia di PBB

Kiev, MISTAR.ID

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan kepada Dewan Keamanan (DK) PBB pada Rabu bahwa serangan Rusia terhadap negaranya adalah “kriminal”. Ia juga meminta PBB mencabut hak veto Moskow di Dewan Keamanan PPB.

Dalam pertemuan tatap muka pertama Zelensky dengan Dewan Keamanan PBB mengenai serangan Moskow terhadap negaranya, dia mengatakan veto Rusia telah membuat badan dunia tersebut tidak efektif.

“Siapa pun dapat melihat dengan tepat apa yang membuat PBB tidak efektif. Di kursi Dewan Keamanan ini, yang diduduki secara ilegal oleh Rusia karena manipulasi di balik layar setelah runtuhnya Uni Soviet, terdapat para pembohong yang tugasnya membuktikan bahwa agresi dan genosida dilakukan oleh Rusia,” ujarnya.

Baca juga : Enam Wamenhan Ukraina Dipecat

“Veto pihak oposisilah yang membuat PBB kacau balau. Terlepas dari siapa Anda, sistem PBB saat ini masih memberi Anda hak veto yang hanya dimiliki segelintir orang dan hanya satu negara – Rusia – yang merugikan semua anggota PBB lainnya,” sebutnya.

“Negosiasi dan rencana reformasi PBB selama beberapa tahun harus menjadi proses reformasi PBB. Penggunaan hak veto memerlukan perubahan, ini mungkin menjadi kunci perubahan,” jelasnya.

Dia menambahkan satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian abadi adalah penarikan total tentara Rusia dan kembalinya otoritas Kiev ke wilayahnya dalam batas tahun 1991, setelah runtuhnya Uni Soviet.

Related Articles

Latest Articles