5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Empat Negara Eropa Sepakat Akui Palestina Sebagai Negara Merdeka

Brussels, MISTAR.ID

Empat negara di Eropa berencana mengakui Palestina sebagai negara selama Israel masih melakukan agresi di Jalur Gaza. Spanyol mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Irlandia, Malta, dan Slovenia untuk mengambil langkah awal dengan mengakui Palestina sebagai negara yang merdeka.

Langkah tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mewujudkan perdamaian di Timur Tengah. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan kesepakatan diambil saat pertemuan Dewan Eropa yang dilaksanakan di Brussels, Senin (25/3/24).

Baca juga: Israel Tembaki Lagi Warga Palestina yang Antre Makanan

“Mereka sepakat bahwa satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian dan stabilitas yang berkelanjutan di wilayah ini dengan menerapkan solusi dua negara, di mana Israel dan Palestina hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan,” demikian pernyataan bersama yang diketahui dari Reuters, Rabu (27/3/24).

Namun, rencana tersebut mendapat respons yang tajam dari pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, mengecamnya. Katz menyatakan bahwa penyelesaian konflik hanya dapat terjadi melalui negosiasi langsung antara kedua belah pihak.

“Ikut campur dalam pengakuan negara Palestina hanya akan menghambat pencapaian penyelesaian dan memperburuk ketidakstabilan di wilayah tersebut,” tegas Katz. (Reuters/hm20)

Related Articles

Latest Articles