10.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Diguyur Hujan Lebat, Pemerintah Spanyol Keluarkan Peringatan Bahaya

Madrid, MISTAR.ID

Pemerintah Spanyol mengeluarkan peringatan bahaya kepada masyarakat di Kota Madrid karena hujan yang terus-menerus terjadi dan menyebabkan banjir, Minggu (3/9/23). Menurut data Badan cuaca nasional Spanyol, hujan kali ini mencapai 120 liter per meter persegi dalam waktu 12 jam.

Derasnya hujan minggu ini diklaim menjadi hujan dengan curah paling deras. Sebelumnya, hujan paling deras diketahui pada 1972 di Kota Madrid dengan curah hujan 87 liter per meter persegi. Selain Kota Madrid, kota-kota Cádiz, Tarragona, dan Castelló juga diklaim juga mengalami hujan deras.

Akibat hujan ini, pemerintah menutup layanan kereta, membatalkan pertandingan sepak bola liga Spanyol, dan menyarankan ribuan penduduk untuk tetap berada di dalam rumah.

Baca juga: Januari-Agustus 2023, Terjadi 4 Kali Banjir dan 19 Puting Beliung di Simalungun

“Karena situasi yang luar biasa dan tidak normal, dimana catatan hujan akan terpecahkan, saya meminta warga Madrid untuk tinggal di rumah hari ini,” tulis Wali Kota Madrid Jose Luis Martinez-Almeida.

Di provinsi Castelló di timur, banjir setinggi pinggang orang dewasa mengharuskan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan seorang pria yang terjebak di dalam mobilnya. Hujan deras melanda Spanyol setelah dilanda gelombang panas selama Agustus. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles