17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Akibat Kontroversi Kasus Penculikan, Kartik Singh Dicopot Sebagai Menteri Hukum Bihar

New Delhi, MISTAR.ID
Ketua Menteri Bihar, Nitish Kumar memindahkan Kartikeya Singh sebagai Menteri Hukum di tengah kontroversi seputar kasus penculikan terakhir.

Kartikeya Singh, alias Kartik Singh, telah diberikan departemen industri tebu yang tidak menonjol, dan Shamim Ahmed sekarang memegang departemen hukum.

Awal bulan ini, surat perintah dikeluarkan untuk Singh dalam kasus yang terkait dengan dugaan penculikan pembangun yang berbasis di Patna, Rajiv Ranjan Singh, alias Raju Singh, pada tahun 2014.

Surat perintah itu dikeluarkan pada minggu pertama bulan Agustus, dan Singh diperintahkan untuk menyerahkan diri di hadapan pengadilan atau polisi hingga 16 Agustus 2022, yang merupakan hari dia bersumpah sebagai menteri kabinet di pemerintahan Nitish Kumar dan diberikan portofolio kementerian hukum.

Baca Juga:Dugaan Penculikan Anak di Medan, Ternyata Masalah Rindu Anak yang Lama Terpendam

Bereaksi terhadap surat perintah itu, Singh berkata, “Tuduhan yang ditujukan kepada saya dipengaruhi secara politis dan belum terbukti. Kami akan mengambil tindakan sesuai hukum.”

Pengacara Singh mengklaim bahwa nama menteri tidak disebutkan dalam Laporan Informasi Pertama, dan dia tidak menerima surat perintah atau pemberitahuan apa pun dari pengadilan sub-divisi hingga 16 Agustus 2022.

“Dia bukan buronan. Dia telah mengajukan jaminan antisipatif di Pengadilan Tinggi Patna yang memintanya untuk pergi ke pengadilan yang lebih rendah dan mengikuti arahan, ”kata Madhusudan Sharma, pengacara Singh.

Sementara, Ketua Menteri, Nitish Kumar membantah mengetahui surat perintah penangkapan, para pemimpin BJP (The Bharatiya Janata Party) menuntut agar dia dicopot dari kabinet.

Baca Juga:Polsek Siantar Utara Minta Keterangan Wanita yang Posting Kabar Penculikan Anak di FB, Ini Pengakuannya

Sushil Kumar Modi, anggota parlemen Rajya Sabha dari BJP mengatakan, “Pemerintah Nitish Kumar harus memecat menteri hukum yang termasuk buronan dan pengadilan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya.

Sangat mengejutkan, bahwa dia malah pergi ke Raj Bhavan dan mengambil sumpah menteri kabinet alih-alih menyerahkan diri ke pengadilan.

Kartik Singh adalah ahli strategi politik dari tingkat tertinggi RJD (The Rashtriya Janata Dal), Anant Singh. Dia telah dikaitkan dengan Anant Singh sejak awal 2000-an dan memainkan peran penting dalam pemilihan Majelis 2005 untuk Anant Singh.

Baca Juga:Hendri Wijaya, Saksi Kasus Penculikan Cabut Keterangan

Dia berprofesi sebagai guru dan baru-baru ini terpilih sebagai MLC pada tiket RJD.
Wakil Ketua Menteri Bihar, Tejashwi Yadav mengatakan, bahwa keputusan pengadilan akan bersifat final, dan partainya akan menerimanya.

“Pengacara Kartikeya Singh telah mengklarifikasi bahwa tidak ada kasus yang didaftarkan terhadapnya. Seluruh kontroversi telah dibuat oleh BJP dan kelompok media tertentu. Laporan Informasi Pertama terdaftar di kantor polisi tetapi namanya tidak ada di sana, seperti yang sudah diklarifikasi, ”kata Tejashwi pada 18 Agustus 2022.(msnc/hm10)

Related Articles

Latest Articles