13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

9 Tahun Setop Penerbangan, Turkish Airlines Akhirnya ke Libya Lagi

Ankara, MISTAR.ID

Maskapai Turki, Turkish Airlines, akhirnya kembali melakukan penerbangan ke ibu kota Libya, Tripoli, mulai Kamis (28/3/24). Penerbangan terakhir Turkish Airlines ke Tripoli tercatat pada 2015 silam.

Sudah 9 tahun lamanya Turkish Airlines tak mendarat di Libya, karena masalah keamanan di negara yang dilanda konflik tersebut.

“Kami sangat gembira untuk memulai penerbangan lagi ke Libya, yang mana kami memiliki hubungan sejarah,” kata Kepala Eksekutif Turkish Airlines, Bilal Eksi dikutip dari AFP, Jumat (29/3/24).

Juru bicara perusahaan itu mengatakan, Turkish Airlines akan melakukan penerbangan ke Tripoli tiga kali seminggu, yaitu pada Selasa, Kamis, dan Minggu.

Baca Juga : Malaysia Airlines Putar Balik ke Sydney Setelah 2 Jam Terbang

Adapun Libya masih berjuang untuk pulih dari perang bertahun-tahun yang terjadi setelah penggulingan dan kematian diktator Moamer Kadhafi pada 2011. Pemerintahan negara ini pun terpecah, antara Tripoli di barat dan Benghazi di timur.

Turki telah mendukung pemerintah Tripoli, tetapi Menteri Luar Negeri Hakan Fidan mengatakan pada Februari bahwa Turki akan segera membuka kembali konsulatnya di Benghazi.

“Kami ingin Libya menyelesaikan permasalahannya melalui dialog. Kami juga tidak ingin perpecahan yang ada saat ini antara timur dan barat menjadi permanen,” kata Fidan. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles