17.9 C
New York
Thursday, May 9, 2024

7 Pendemo Desak Netanyahu Mundur Ditangkap Keamanan Israel

Tel Aviv, MISTAR.ID

Sedikitnya 7 orang yang melakukan demonstrasi mendesak Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ditangkap aparat keamanan Israel. Demonstrasi anti-pemerintah yang digelar, Sabtu (2/3/24) malam itu, menyerukan pemilihan umum segera dilangsungkan.

Demo tersebut merupakan salah satu dari beberapa protes yang berlangsung di penjuru Israel di hari yang sama. Selain demo anti-pemerintah, unjuk rasa juga berlangsung di Tel Aviv guna mendesak pemerintah membebaskan sisa sandera Hamas.

Para anggota keluarga sandera dan warga simpatisan lainnya turun ke jalanan Tel Aviv menuntut pembebasan sandera Hamas yang sudah hampir lima bulan ditahan. Di tengah-tengah aksi para demonstran, rekaman dari lokasi kejadian menunjukkan sebuah mobil terus melaju dengan kecepatan tinggi setelah seorang pengunjung rasa naik ke kap mobil itu.

Menurut media Israel, pengemudi kendaraan yang terlihat dalam rekaman tersebut menolak untuk membiarkan pengunjuk rasa turun dari mobilnya saat diminta. Ia kemudian melaju dengan kecepatan yang mengancam nyawa sang pengunjuk rasa.

Baca Juga : Usai Putusan ICJ, Netanyahu Janji Tetap Lanjutkan Perang di Gaza

Pihak kepolisian mengatakan bahwa mereka tengah menyelidiki latar belakang insiden tersebut.

“Kami akan mengulangi dan menekankan bahwa turun ke jalan raya antarkota sebagai bagian dari demonstrasi yang tidak terkoordinasi akan membahayakan nyawa para demonstran dan pengemudi. Kami sekali lagi meminta agar Anda tidak memilih cara protes seperti ini, karena bisa memakan korban jiwa,” kata pihak kepolisian, dikutip dari The Jarusalem Post.

Polisi mencatat bahwa sebagian besar pengunjuk rasa yang ikut serta dalam demonstrasi di pusat kota mematuhi hukum dan bahkan berterima kasih kepada polisi karena telah menjaga perdamaian.

“Kepolisian Israel menganggap hak untuk berunjuk rasa sebagai landasan di negara demokratis dan mengizinkan aksi protes selama dilakukan dalam kerangka hukum,” ungkap polisi tersebut. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles