28.8 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

6 Pesawat Tempur Siluman Angkatan Udara AS Singgah Ke Indonesia

Jakarta, MISTAR.ID

Sebanyak 6 unit pesawat tempur siluman F-22 Raptor dari Angkatan Udara Amerika Serikat atau US Pacific Air Forces.

Direncanakan kenam jet tempur F-22 Raptor dari 27th Fighter Squadron bakal transit di Tanah Air usai berpartisipasi dalam latihan militer multinasional Pitch Black 24 di Australia pada Agustus 2024.

“Kedatangan itu menandai momen bersejarah, sebab untuk pertama kalinya pesawat F-22 Raptor bakal mendarat dan transit di Indonesia,” sebut Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Ardi Syahri dalam keterangan tertulis, Selasa (18/6/24).

Baca juga:Jepang Setuju Jual Pesawat Tempur

F-22 Raptor diagendakan melakukan hot pit refueling di Bali sebelum meneruskan perjalanan ke Brunei Darussalam. Personel TNI AU dan US Pacific Air Forces sudah melakukan site survey di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, pada Selasa (11/6/24) sampai Kamis (13/6/24) sebagai persiapan kedatangan enam F-22 Raptor.

Juga dilaksanakan Fighter Logistic SMEE yang mengikutsertakan penerbang dan teknisi dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

“Para penerbang dan teknisi itu menerima pengalaman dan pengetahuan dari personel US Pacific Air Forces terkait persiapan expeditionary mission dan rapid deployment di daerah operasi,” papar Ardi.

Baca juga:Pangeran Arab Saudi Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat Tempur

Diketahui F-22 Raptor adalah jet tempur produksi Lockheed Martin, AS. F-22 Raptor dinyatakan pesawat siluman sebab kemampuan yang bisa menghindari deteksi, baik itu visual, audio, sensor dan gelombang radar lawan. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles