27.1 C
New York
Thursday, August 15, 2024

40.005 Jiwa Tewas Selama Agresi Keji Israel di Jalur Gaza 

Jalur Gaza, MISTAR.ID

Agresi brutal yang dilakukan Israel di Jalur Gaza sejak 10 bulan terakhir telah menewaskan lebih dari 40.000 warga sipil Palestina. Kementerian Kesehatan di Gaza dalam keterangannya, Kamis (15/8/24), mengatakan 40 orang tewas dalam 24 jam terakhir, sehingga total kematian warga sipil sejak agresi 7 Oktober menjadi 40.005 jiwa.

“Sebagian besar yang tewas adalah perempuan dan anak-anak” demikian pernyataan yang disampaikan.

Kementerian Kesehatan di Gaza juga menyebut 33 persen korban anak-anak, 18,4 persen korban perempuan, dan 8,5 persen dari mereka yang tewas adalah orang lanjut usia (lansia). Puluhan ribu korban tewas ini menjadi gambaran penderitaan, kekurangan gizi, dan ketidakstabilan yang terjadi setiap hari di Gaza selama 10 bulan agresi Israel.

Baca Juga : China Desak AS Serukan Israel Hentikan Pembataian Warga Sipil di Gaza

Jumlah korban tewas semakin bertambah usai pasukan Israel melakukan serangan-serangan di gedung sekolah yang menjadi penampungan pengungsi Palestina di Gaza pada akhir pekan lalu.

Bertambahnya korban tewas juga terjadi saat perundingan gencatan senjata Gaza dimulai Kembali di Doha, Qatar. Mediator dalam pembicaraan gencatan senjata ini antara lain Qatar, Mesir, Amerika Serikat, dan Israel.

Israel mengatakan akan mengirim delegasi dalam perundingan itu, namun Hamas idak akan berpartisipasi dan hanya bersedia berbicara dengan mediator jika ada “perkembangan atau tanggapan serius dari Israel”. (cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles