26.6 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

17 Tahun di Pengasingan, Mantan PM Thaksin Pulang ke Thailand di Tengah Isu Konspirasi

Dicintai dan Dibenci

Kepulangan Thaksin, yang dicintai dan dibenci dalam proporsi yang sama di Thailand, hampir bisa dipastikan akan membuat Pheu Thai mengungguli pemungutan suara tersebut.

Thaksin yang merupakan mantan polisi, pengusaha telekomunikasi dan pemilik klub sepakbola Liga Premier Inggris telah memenangkan hati jutaan warga pekerja Thailand dengan kebijakan populis, mulai dari pemberian uang tunai dan pinjaman desa hingga subsidi pertanian dan perawatan kesehatan universal.

Namun, popularitas dan dukungannya terhadap gelombang baru pengusaha kapitalis membuatnya berselisih dengan keluarga kerajaan, militer dan para konglomerat yang memicu perebutan kekuasaan dan masih berlangsung hingga saat ini.

Baca Juga: Sebelum KTT BRICS di Afrika Selatan, 20 Negara Resmi Mendaftar Ingin Bergabung

Thaksin menilai bahwa semua tuduhan dan dakwaan terhadapnya diciptakan untuk menghalanginya dari berkuasa dan selama bertahun-tahun.

Namun kali ini ia telah bertekad dan percaya diri untuk mengikuti rencana tersebut, meski ada rumor yang menyebutkan bahwa Pheu Thai telah beraliansi di belakang layar dengan para saingannya sehingga memungkinkan Thaksin bisa pulang ke kampung halamannya.

Pheu Thai telah membantah keterlibatan Thaksin dalam upayanya untuk membentuk pemerintahan. Mantan perdana menteri itu juga terus membantah adanya konspirasi dengan jenderal-jenderal yang telah menggulingkan pemerintahannya maupun saudara perempuannya. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles