19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Terungkap, Ngasil Tarigan Dibunuh Karena Menolak Proyek Perumahan

Deli Serdang, MISTAR.ID

Motif pembunuhan Ngasil Tarigan (67) warga Dusun II Desa Jambur Pulau Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), terungkap.

Pelaku Edi Sanjaya Sembiring alias Jaya Sembiring (40) mengaku, marah kepada korban karena menolak tanah Gunung Sitarge akan dibangun proyek perumahan dan pembibitan bawang.

Padahal selama ini, warga Desa Simempar Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deli Serdang, tempat terbunuhnya korban dan desa tempat tinggal tersangka tidak ada yang berani menentang Jaya.

Baca Juga:4 Bulan Buron, Pembunuh Ngasil Tarigan Ditangkap di Dairi

Penjelasan ini disampaikan Wakapolresta Deli Serdang AKBP Julianto P Sirait, didampingi Wakasat Reskrim AKP Alexander Piliang, Kasubbag Humas AKP Ansari, Kasubnit Ipda Ricardo Bancin dalam paparannya, Senin (25/1/21), usai tertangkapnya Jaya di tempat persembunyiannya di Dairi, Jumat (23/1/21) sekira pukul 21.00 WIB.

“Tersangka mempertahankan diri dikarenakan korban yang lebih dulu membacoknya. Lalu tersangka emosi dan kemudian menghabisi nyawa korban,” sebut AKBP Julianto P Sirait.

Usai peristiwa pembunuhan itu, lanjut Wakapolresta, Jaya sempat melarikan diri ke Lhokseumawe Aceh selama 2 bulan dan bertani di ladang familinya.

Baca Juga:Ngasil Tarigan Tewas di Gubuk, Kepala Berdarah dan Tangan Terpotong

Kemudian, dia lari ke Desa Mardinding Kabupaten Karo selama sebulan dan kemudian ke Kabupaten Dairi sebulan lamanya dengan bekerja mencari upahan di ladang warga, sebelum akhirnya ditangkap polisi.

“Jumat (23/1/21) malam, Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Deli Serdang berhasil mengamankan Jaya Sembiring yang selama ini bekerja sebagai penyanyi atau seniman itu. Tersangka dijerat Pasal 338, 351 (3) KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara,” pungkasnya.

Ngasil Tarigan pensiunan karyawan Kebun PTPN4 itu ditemukan tewas terbakar dalam gubuk di ladangnya Dusun I Desa Simempar Kecamatan Gunung Meriah, Kamis (10/9/20) sekira pukul 08.00 WIB.(sembiring/hm10)

Related Articles

Latest Articles