9.1 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Tanggul Sungai Sibarau Jebol, Puluhan Rumah di Sergai Terendam Banjir

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Puluhan rumah di Desa Sibarau dan Desa Simalas, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terendam banjir, Selasa (20/2/24). Banjir yang tercatat merendam rumah di Dusun 2, Dusun 1 kebun Sayur, serta Dusun 3 Sindar Padang itu diakibatkan tingginya curah hujan yang menyebabkan jebolnya tanggul di aliran Sungai Sibarau.

Kasi Humas Polres Tebing Tinggi AKP Agus Arianto mengatakan, banjir yang tejadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi karena tingginya curah hujan, sehingga debit air meningkat dan menyebabkan jebolnya tanggul di aliran Sungai Sibarau dengan ketinggian mencapai 1 meter.

“Akibatnya rumah warga yang berada di bantaran sungai terendam banjir,” ujarnya.

Agus mengatakan, segenap stakeholder telah mendatangai lokasi untuk membantu warga yang terdampak. “Petugas kita melakukan koordinasi dengan pihak terkait, dengan rencana tindaklanjut segera mendirikan Posko Kesehatan dan Posko Bencana,” ungkapnya.

Baca Juga : Ratusan Rumah di Tebing Tinggi Kebanjiran dari Luapan Sungai Padang

Agus merinci, rumah warga yang terdampak banjir di Dusun 2 Desa Sibarau sebanyak 34 KK dengan ketinggian air 50 cm – 30 cm. Sementara di Dusun 1 Kebun Sayur Desa Simalas rumah yang tergenang sebanyak 15 KK dengan ketinggian air 100 cm – 80 cm. Kemudian Dusun 3 Singar Padang Desa Simalas rumah yang terdampak banjir 20 KK dengan ketinggian air 30 cm – 20 cm.

“Hingga saat ini debit air belum ada penurunan. Untuk kerugian belum dapat ditaksir karena banyak ladang ubi, pisang dan sawit milik warga yang ikut terdampak. Namun tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir tersebut, sampai saat ini tanggul belum dapat dibendung karena arus air Sungai Sibarau yang erlalu deras,” pungkasnya. (nazli/hm24)

 

Related Articles

Latest Articles