9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter

Medan I MISTAR.ID

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) terpantau kembali erupsi, Selasa (9/2) pagi. Awan panas membubung tinggi dengan jarak luncur 2.500 meter.

“Benar, Gunung Sinabung kembali erupsi pagi ini. Teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 2.500 meter mengarah ke timur dan tenggara. Durasinya 340 detik,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra, Selasa (9/2/21).

Selain itu, tambah Armen, erupsi Gunung Sinabung juga mengeluarkan guguran dengan jarak luncur 500-2.000 meter mengarah ke timur dan tenggara. Guguran terjadi sebanyak 39 kali dengan durasi 30-250 detik.

Baca Juga: Gunung Sinabung Erupsi Tiga Hari Berturut di Awal Tahun

“Aktivitas Sinabung masih tinggi dan status Sinabung hingga saat ini masih berada di level III atau siaga,” jelasnya.

Armen tetap mengimbau masyarakat agar menjauhi zona merah Sinabung dengan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung.

“Kemudian jauhi radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” paparnya.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Baca Juga: Gempa Bumi Terjadi di Gunung Kidul DI Yogyakarta

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu amankan sarana air bersih serta bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” bebernya.(CNN/hm13)

Related Articles

Latest Articles