14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Setelah 5 Hari, Api di Taman Nasional Gunung Rinjani Berhasil Dipadamkan

Lombok, MISTAR.ID

Setelah 5 hari terjadi kebakaran hutan di Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, kini api telah berhasil dipadamkan. Penanggung Jawab Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Taman Nasional Gunung Rinjani, Lalu Santawana memastikan tidak ada lagi titik api, hingga Minggu (5/11/23) dini hari.

“Pemantauan dilakukan menggunakan aplikasi SIPongi (sistem pemantauan karhutla) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta pemantauan visual jarak jauh. Hingga pagi ini, tidak ada hotspot atau titik api yang terdeteksi,” jelasnya.

Kebakaran di area tersebut sebelumnya meluas hingga mencapai 130 hektar, sejak Jumat (3/11/23). Dimana, api pertama kali dilaporkan membakar lahan di Taman Nasional Gunung Rinjani pada Selasa 31 Oktober 2023.

Baca juga: PENDAKIAN GUNUNG RINJANI LOMBOK DITUTUP AKIBAT KEBAKARAN HUTAN

Kebakaran semakin meluas karena api hampir menyebar ke wilayah perkebunan masyarakat dan jalur pendakian.

Santawana menjelaskan ada dua lokasi api besar yang membakar kawasan hutan Rinjani yang berlokasi di Abangan Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Yakni lereng bagian atas dan bawah.

“Api di lereng bagian bawah telah berhasil dipadamkan, tetapi api yang berada di lereng bagian atas masih sulit karena terhalang kabut. Petugas pemadam menghadapi kendala karena kecepatan angin yang tinggi, vegetasi yang mudah terbakar, dan topografi yang curam,” jelasnya. (kompas/hm20)

Related Articles

Latest Articles