14.7 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Samosir Dominasi Kejadian Karhutla di Sumatera Utara

Medan, MISTAR.ID

Kepala Bidang Darurat dan Logistik, BPBD Sumatera Utara (Sumut), Sri Wahyuni Pancasilawati mengungkapkan, Samosir merupakan daerah dengan frekuensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tertinggi di Sumut dengan 31 karhutla.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) saat ini menjadi perhatian serius pemerintah.

Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Karo berada di posisi berikutnya dengan 9 kejadian dengan 8 kejadian. Asahan dan Padang Lawas Utara juga turut terdampak, masing-masing 6 kejadian.

Baca Juga: Peringatan Dini Potensi Bencana Hidrometeorologi di Sumut

“Data ini bersumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk periode 1 Januari hingga 30 September 2023. Total kejadian karhutla mencapai 150-an, dan luas lahan terbakar yang berhasil ditangani mencapai 754,86 hektar,” beber Sri Wahyuni saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (20/12/23).

Kejadian karhutla menjadi sorotan utama, khususnya di daerah yang rentan. Pihak terkait perlu terus meningkatkan langkah-langkah pencegahan dan penanganan agar dampaknya dapat diminimalkan.

“Kalau kami lebih kepada pencegahan, kalau penegakan hukum itu bukan ranah kami,” pungkasnya. (Hutajulu/hm22)

Related Articles

Latest Articles