27.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Sembilan Kapal Ikan Terbakar di Pelabuhan Belawan, Kerugian Miliaran Rupiah

Belawan, MISTAR.ID

Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB) bagai lautan api. Penyebabnya 9 kapal ikan yang sedang berada di kawasan gudang PT Mitra Laut musnah terbakar, Rabu (21/6/23) malam.

Informasi yang dihimpun, kebakaran berawal saat salah satu kapal penangkap ikan yang hendak berangkat mengisi bahan bakar jenis solar tangki, tiba-tiba timbul percikan api yang berasal dari korsleting listrik. Api dengan menyambar bahagian kapal yang terbuat dari bahan kayu.

Melihat api muncul, sejumlah pekerja memadamkan pai dengan alat seadanya tetapi upaya itu tidak berhasil, malah api semakin membesar. Beberapa saat kemudian mobil pemadam kebakaran milik Pemko tiba.

Baca juga: Kebakaran di Jalan Bawal Siantar Timur, Diduga Penyebabnya Pertalite

Pemadam kebakaran dengan 9 unit mobil cukup kewalahan memadamkan api karena kapal ikan tersebut ada minyak dan gas. Api pun menyambar sembilan kapal lainnya yang sedang berlabuh di gudang Mitra Laut milik Heri,  di PPSB Gabion Belawan, Lingkungan XI, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.

Lurah Bagan Deli, Azwar Rivai Siregar kepada awak media  mengatakan, kebakaran terjadi pada pukul 21.35 WIB.

Baca juga: Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Siapkan 15 Pesawat untuk Operasi Modifikasi Cuaca

“Salah satu kapal ikan ketika itu sedang mengisi bahan bakar untuk berangkat menangkap ikan ke laut. Namun diduga terjadi korsleting listrik yang menyebabkan api dan membuat 9 kapal ludes terbakar. Hingga pukul 2.00 WIB dini hari, petugas pemadam kebakaran masih melakukan proses pemadaman kapal ikan yang terbakar, dengan menambahkan deterjen ke air yang disemprotkan,” ujarnya.

Sejauh ini polisi masih melakukan penyelidikan. Pihak Polres Pelabuhan Belawan telah memasang garis polisi di lokasi kebakaran.

Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun kerugian pemilik kapal ditaksir mencapai miliaran rupiah (kamaluddin pasaribu/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles