22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Malam Hari, Tim Gabungan Geledah Kamar WBP Lapas Tanjungbalai

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Tim Gabungan Lapas Kelas IIB Tanjungbalai-Asahan, terdiri dari personil TNI/Polri dan Badan Narkotika Kota (BNK) pada malam hari melakukan razia mendadak di seluruh ruangan yang dihuni warga binaan pemasyarakatan (WBK).

Razia yang dilakukan ternyata berlangsung bersamaan di seluruh Lapas dan Rutan se Indonesia dalam rangka rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 dengan tujuan agar seluruh ruang WBP bersih dari narkotika, dan barang berbahaya lainnya.

Kepala Lembaga Permasyarakatan Klas IIB Tanjungbalai-Asahan Sangapta Surbakti didampingi Monang Saragih, Jumat (17/8/23) membenarkan pelaksanaan razia yang dilakukan di seluruh kamar dan setiap sudut ruang di Lapas tersebut.

Baca Juga: Viral Warga Binaan Kritis Diduga Disodomi di Lapas Pemuda Tanjung Pura, Kadivpas Kanwil Kemenkumhan Bantah

Hadir dalam penggeledahan, KasatNarkoba AKP Reynold Silalahi. Ketika razia berlangsung, para napi dan tahanan dikumpulkan di lapangan. Kemudian para petugas masuk ke setiap kamar untuk melakukan pemeriksaan sekaligus membersihkan untuk mengantisipasi adanya peredaran barang-barang terlarang.

“Ada sebanyak 72 kamar hunian, 37 kamar wanita dari 1.149 warga binaan yang diperiksa personil TNI, Polri dan BNK. Kemudian seluruh kamar dibersihkan petugas,” kata Kalapas Sangapta Surbakti.

“Razia penggeledahan insidentil itu untuk mencegah atau meminimalisir masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas, seperti HP, narkoba dan senjata tajam maupun penggunaan aliran listrik bukan peruntukannya yang bisa menimbulkan bahaya korsleting listrik dan ancaman bahaya kebakaran,” tegas Surbakti.

Baca Juga: Semarak HBP, Lapas Kelas I Medan Gelar Donor Darah dan Cek Kesehatan Gratis

Razia dilakukan serentak dan dimulai pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Seluruh tim gabungan bersama petugas Lapas Tanjungbalai-Asahan langsung bergerak ke kamar hunian WBP termasuk kamar hunian blok wanita.

Pengakuan Kalapas, tidak ditemukan adanya penyalahgunaan dan peredaran narkotika di dalam Lapas. “Terimakasih kepada seluruh tim gabungan dan petugas Lapas Tanjungbalai-Asahan yang telah membantu lancarnya pelaksanaan razia ini. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan kondusif,” ujar Surbakti.

Menanggapi barang terlarang lainnya, memang ada ditemukan, tapi bukan narkoba. Dan barang-barang tersebut dikumpulkan dan dimusnahkan dengan cara dibakar.(Saufi/hm02)

Related Articles

Latest Articles