16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

KM Mutiara Timur 1 Terbakar di Selat Bali, Diduga Disebabkan Bahan Kimia Bocor

Jakarta, MISTAR.ID

Kapal Motor (KM) Mutiara Timur 1 terbakar di Selat Bali, pada Rabu (16/11/22). Penumpang kini ditolong oleh TNI AL dengan menggunakan KAL Kadet 06 yang dibantu warga setempat. Berdasarkan foto, tampak asap muncul dari kapal. Sejumlah kapal kecil juga terlihat di sekitar kapal.

KM Mutiara Timur I bermuatan mayoritas truk dan mobil.  Dugaan sementara, kapal itu terbakar karena bahan kimia yang bocor dari salah satu mobil.

“Berdasarkan informasi awal dari kapten kapal, ada bahan kimia di dalam mobil yang ada di kapal mengalami kebocoran sehingga mengeluarkan asap hingga akhirnya terbakar,” kata Koordinator Pos SAR Karangasem I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana dilansir detikBali, Rabu (16/11/22).

Baca juga:Kapal Terbakar, 86 Penumpang dan Awak Dievakuasi

KM Mutiara Timur I berlayar dari Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Pelabuhan Lembar, Lombok. Insiden kebakaran kapal itu dapat diamati dari perairan Banyuning, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Asap hitam mengepul terlihat dari kejauhan.

Eka Wiadnyana mengatakan untuk saat ini pihaknya turut membantu proses evakuasi dengan menurunkan rubber boat dari Pantai Jasri menuju titik lokasi terbakarnya kapal. Ia menambahkan saat ini mesin kapal juga dimatikan.

Baca juga:Kapal Terbakar di Dusun Tanjung Bombana, Penumpang Loncat ke Laut

“Saat ini seluruh penumpang yang ada di dalam kapal sudah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dengan dibantu juga oleh para nelayan Bunutan,” kata Eka Wiadnyana.

Menurut Eka Wiadnyana, proses evakuasi tidak terlalu mengalami kesulitan karena kobaran api tidak terlalu besar. Hanya, beberapa penumpang memang sempat panik. (antara/hm06)

Related Articles

Latest Articles