18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Siapapun Presiden yang Terpilih, Pengendalian Harga Pangan Kedepan Tetap saja Rumit

Medan, MISTAR.ID

Berdasarkan rilis, data neraca perdagangan pada bulan Januari sebesar $2.01 Milyar, atau lebih rendah dari perkiraan sebelumnya di kisaran angka $2.99 Milyar.

Hal ini disampaikan Gunawan Benjamin selaku Analisis Keuangan Sumut,  , saat dikonfirmasi, Jumat (16/2/24).

Ia mengatakan hal ini patut mewaspadai karena kemungkinan terjadinya pelemahan kinerja ekspor yang dipicu oleh memburuknya harga komoditas unggulan ekspor tanah air, ditambah dengan memburuknya kinerja ekonomi Negara tujuan ekspor.

Baca juga : Kendalikan Inflasi 3 Harga Komoditas, Mendagri Ingatkan Pemda Lakukan Intervesi

“Sembari menunggu hasil perhitungan suara resmi oleh komisi pemilihan umum (KPU). Versi perhitungan suara cepat atau quick count telah menentukan bahwa pasangan Capres 02 Prabowo – Gibran sebagai pemenangnya. Pada dasarnya, siapapun Capres yang menang dalam pemilihan presiden akan menghadapi tantangan pengendalian pangan yang kian rumit di tahun 2024, atau bahkan di tahun-tahun mendatang,” katanya pada mistar.id.

Salah satu yang paling mengejutkan adalah bahwa surplus neraca perdagangan di tanah air merealisasikan angka yang lebih rendah dari ekspektasi. Walaupun tanggung jawabnya baru akan dipikul nanti setelah secara resmi dilantik.

“Akan tetapi sebaiknya Capres sudah memiliki kerangka kebijakan yang akan diambil untuk memitigasi kemungkinan buruk pengendalian harga pangan kedepan,” katanya.

Related Articles

Latest Articles