22.5 C
New York
Friday, May 24, 2024

Sepeda Listrik Mulai Diminati Warga Siantar, Penjualan Mencapai Ratusan Unit Sebulan

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Sepeda listrik mulai diminati warga Kota Pematangsiantar. Hal itu terlihat dari angka penjualan yang saat ini disebut mencapai ratusan unit setiap bulan.

Showroom Gano Electric Vehicle Jalan Kartini, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat, mengaku mampu menjual sepeda listrik sampai 150 unit pada April 2024.

Kepala Showroom Gano Electric Vehicle, Irwan mengatakan peminat sepeda listrik memang semakin meningkat.

“Dalam sehari penjualan sepeda listrik bisa mencapai 5 unit, dan perbulan sekitar 150 unit penjualan,” ujarnya kepada Mistar.id, Selasa (7/5/24).

Baca juga: Masyarakat Siantar Masih Ragu Gunakan Mobil Listrik, Walau Miliki Banyak Keunggulan

Menurut dia, tipe dan spesifikasi sepeda listrik beragam. Harganya berkisar Rp3 juta sampai Rp6 juta per unit, tergantung model atau tipe.

Ivan menjelaskan, spesifikasi sepeda listrik juga bervariasi. Ada yang menggunakan aki dengan daya 20 watt hingga 40 watt dan kecepatannya mencapai maksimal 40 kilometer per jam.

”Kekuatan daya bergantung pemakaian. Kalau jarak tempuhnya dekat, satu kali charge bisa kuat sampai tiga hari. Pengisian daya paling lama enam jam,” sebutnya.

Terpisah, seorang pengguna sepeda listrik, Erwin Silalahi mengatakan dirinya mulai beralih menggunakan sepeda listrik sejak akhir Februari 2024.

Baca juga: Siapkan Uang Lebih, Harga Kebutuhan Pokok di Siantar Masih Mahal

“Pemakaian sepeda listrik lebih mudah dan ramah lingkungan, kalau pakai sepeda listrik kan tenaganya pakai baterai, bukan tenaga kita. Tidak capek,” katanya.

Awalnya, Erwin mengaku tidak tertarik menggunakan sepeda listrik, Namun, setelah mencoba sepeda yang ia beli seharga Rp3,8 juta, dia justru bisa menghemat pengeluaran bahan bakar untuk sepeda motor.

Erwin menggunakan sepeda listrik berkecepatan maksimal 40 km per jam, Sepeda listrik itu bisa diatur dalam tiga mode. speed 1 dengan batas kecepatan 20 km per jam, speed 2 dengan batas kecepatan 30 km per jam, serta speed 3 dengan batas kecepatan 40 km per jam. (abdi/hm22)

Related Articles

Latest Articles